Jumat, 23 Oktober 2015

Kodim 1506/Namlea Canangkan Program Ketahanan Pangan



     Namlea-Lira Maluku News. Jajaran Komando Distrik Militer(Kodim) 1506/Namlea dibawah pimpinan, Letkol Inf Faisal Rizal, pada pertengahan priode 2015 mencanangkan program kerja sama antara Kodim 1506/ Namlea dengan Pemerintah Daerah(Pemda) Kabupaten Buru melalui Dinas Pertanian.

     Program menunjang ketahan pangan yang diprogramkan jajaran Kodim 1506/ Namlea meliputi: pembibitan anakan Cengkih, Pala, Durian, Manggis, Rambutan, Mangga dan pembibitan Jeruk dan semua pembibitan yang sudah disemayangkan berkisar kurang lebih 14 ribu anakan di lokasi Desa Marloso Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, sementara pembibitan anakan Pala yang merupakan kerja sama dengan Raja petuanan Leisela, A. Aziz Hentihu yang sudah di semayangkan berjumlah kurang lebih 3500 anakan berlokasi di Kota  Namlea.

 
     Selain itu juga, Dewasa ini Kodim 1506/ Namlea juga melakukan persemayanan anakan kayu Jati Merah dan persemayan kayu Salawaku/ Mahoni dan anakan tersebut siap disalurkan kepada Petani di semua Desa pada 10 kecamatan yang membutuhkan sesuai lahan yang tersedia.Demikian sumber Kodim 1506/ Namlea.
     Kami lakukan ini Lanjutnya, untuk mendapat pembibitan anakan yang tersedia,Pertama bagi petani perlu melaporkan kepada Koramil/ Babinsa terdekat terkait dengan lahan yang dimilikinya,agar dapat di data sehingga Petani itu sendiri dapat memiliki anakan tersebut, sehingga kedepan lahan yang gersan selama ini dapat kembali dihijaukan” Ujarnya.

 
     Kemudian dalam tahuan ini juga, Pak Dandim 1506/ Namlea telah bembiayai 10 orang Petani untuk mengikuti kegiatan pelatihan pertanian di Bogor Jawa Barat selama kurun waktu Dua minggu dan ilmu yang diraih itu dapat disosialisasikan kepada petani di Kabupaten Ini. Sementara pada bulan September tahun ini juga Pak Dandim/Namlea telah mengirim Lima Pemuda Kabupaten Buru mengikuti kegitan pendidikan Bela Negara di pusatkan di Rindam XVI Pattimura Ambon.
     Bahkan Dewasa ini Jajaran Kodim 1506/ Namlea sedang menggelar kegiatan Jumat bersih, Sabtu hijau dan Minggu Sehat dimulai dari Kota, Kecamatan hingga tingkat Desa,selanjutnya Satgas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Hutan sedang dibentuk Kodim disetiap Koramil di Pulau Buru(Adam Kiat)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes