Kamis, 08 Oktober 2015

KPUD Aru Sukses Laksanakan Debat Kandidat

          Dobo-Lira Maluku News. Empat Calon Kepala Daerah (Calkada) Kabupaten Kepulauan Aru, masing-masing G.A.A. Gainau-Djafrudin Hamu, Obed Barends-Eliza Darakay, Johan Gonga-Muin Sogalrey serta Wellem Kurnala-Aziz Goin, bertarung secara resmi dalam debat penyampaian visi-misi dan program prioritas bagi pengembangan kabupaten tersebut lima tahun kedepan.
          Pertarungan debat kandidat yang digelar oleh KPU Aru, di Gedung Kesenian Sita Kena, Dobo, Senin (5/10) malam itu dipandu oleh panelis, Prof. J Leiwakabessy dihadiri para pimpinan Forum Koordinasi Daerah diantaranya, Kapolres, AKBP Harol W. Huwae, Danlanal, Letkol Laut Agus Prasetyo, Asisten 1 Sekda Aru yang mewakili Penjabat Bupati A Renyaan, serta tim pendukung dari masing-masing pasangan calkada.
 
         Dalam debat yang dipadati ratusan penonton tersebut, empat calkada memunculkan visi-misi maupun sejum­lah program unggulan mereka.
Nomor urut satu, Johan Gongan-Muin Solgarey menitik beratkan pada masalah kesehatan, pembangunan rumah sakit disetiap kecamatan, me­ning­katkan fasilitas pendidikan yang lebih baik serta membangun infras­truktur.
         Pasangan Weliem Kurnala-Azis Going dititik beratkan pada peningkatan infrastruktur bidang kesehatan dan pendidikan, bidang pemerintahan dengan meningkatkan sistem strategis pemerintahan yang baik dan sinergis, dalam pelayanan publik, peningkatan air bersih di desa-desa, kesejahteraan Nelayan Pesisir, Kesejahteraan Guru, pelayanan Kesehatan, pengembangan kampus Akbid Dobo, pembangunan infrastruktur Jalan Trans Wokam, mendukung dan siap membangun Kampus di Wokam, mendukung pembangunan PABRIK TARASI DI Desa Namara, pelayanan Listrik, dan air bersih, pelayanan internet, meniciptakan Birokrasi yang bebas dari KKN.
        Sedangkan Obeth Barends-Eliza L Darakay menekankan pada pening­katan SDM aparatur pemerintahan yang baik, menata kembali peme­rintahan yang bersih dan berwibawa, meningkatkan ekonomi kerakyatan berbasis keluarga (sekto pertanian, perkebunan, perikanan dan pariwi­sata), memperkuat hak-hak adat serta meningkatkan alisis peningkatan kualitas karena daerah
         Sedangkan G.A.A. Gainau-Djafru­din Hamu menitik beratkan pada terwujud­nya, percepatan pembangu­nan desa menuju masyarakat Aru yang maju, sejahtera yang berbasis kepulauan, meningkatkan SDM, men­ci­ptakan tatanan politik didaerah yang harmonis dan demokratis, meningkat­kan infras­truktur wilayah yang merata dan terpadu, mempercepat dan mem­per­luas pemba­ngunan ekonomi desa, menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, berwibawa dan akuntabel dan mengelola SDM yang baik dan berkelanjutan.
          Ketua KPU Aru, Victor Sjair dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut meng­ing­katkan empat kandi­dat untuk, tidak men­jadikan ajang debat untuk saling menye­rang dan menjatuh­kan.
Dikatakan, kegi­atan tersebut ber­tuju­an agar masing-ma­sing pasangan calon dapat menyampaikan apa yang menjadi pokok isu dari visi dan misi serta ren­cana pem­bangunan daerah yang dituan­gkan didalamnya.
Sebagai lembaga penyelenggara pemilu, lanjutnya, sangat mengha­rapkan agar debat calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru bisa berjalan aman, tertib dan berwibawa, bermartabat.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes