Rabu, 25 November 2015

Panwas Kecamatan Di Kabupaten Aru, Diminta Netral



   Dobo-Lira Maluku News. Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu kecamatan Pulau-pulau Aru diminta untuk bersikap netral dalam melaksanakan tugasnya.
     Hal itu dikemukakan sejumlah tokoh masyarat kabupan itu kepada Lira Maluku News sore kemarin, menanggapi maraknya pelanggaran pemilu jelang pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015 di kabupaten itu.

    Pasalnya mereka menilai, selama ini panwas kecamatan terkesan melakukan pembiaran terhadap berbagai pelanggaran yang dilakukan tim pemenangan masing-masing calon kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten Kepulauan Aru.
Misalnya, adanya pemasangan stiker maupun baliho calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada tempat-tempat yang dilarang, termasuk pemasangan yang bukan dari KUPD setempat, maupun adanya stiker dan baliho calon yang dirusaki orang-orang tertentu.
      Dalam hal ini, hampir semua stiker yang dipasang ke- 4 pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah ternyata telah dirobek.
       “ Hal ini seharusnya tidak dibiarkan, namun harus ada tindakan nyata dari panwas, sesuai dengan aturan yang berlaku. Apalagi kerja panwas itu diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jadi, yang bersalah harus ditindak bukan dibiarkan.”ujar mereka.
      Mereka juga sangat menyayangkan dan menyesalkan sikap ketua Panwas yang terkesan merintahkan anak buahnya untuk melakukan pengawasannya hanya pada pergerakan salah satu calon saja. Seperti penindakan alat peraga kampanye pasangan calon tertentu saja, seperti menurunkan stiker dan baliho pasangan nomor urut tertentu saja yang dianggap menyalahi aturan, sementara yang lainnya tidak.
      “Ini perbuatan tidak terpuji dari ketidak-netralan panwas sehingga menimbulkan kecurigaan masyarakat terhadap tugas mereka dilapangan. Pada hal yang yang kami harapkan mereka bias menjaga netralitalitas dalam melaksanakan tugas pengawasan, karena mereka melaksanakannnya sesuai amanat undang-undang, pilkada di kabupaten Kepulauan Aru bisa berlangsung dengan baik, aman dan lancar,”tambah mereka. (LM 04)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes