Selasa, 17 November 2015

"Sejumlah PKBM Di Maluku Disinyalir Fiktif. Kajati Didesak Periksa Kesaulya."

         Ambon-Lira Maluku News. Sejumlah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) tipe C di provinsi Maluku disinyalir fiktif. Pasalnya, penentuan nama-nama PKBM untuk diusulkan ke pempus , sebagai penerima bantuan dana pembinaan dan oprasional, hanya dilakukan oleh kepala seksi SMA, bidang dikmen, dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Maluku, Junus Kesaulya, mulai dari pendaftaran sampai proses penentuannya. 

 
         Kabid dikmen Meki Lohy saat dikonfirmasi Lira Maluku News di ruang kerjanya mengaku, tidak tau tentang PKBM penerima bantuan dana pembinaan dan operasional dari pempus. Alasannya, karena yang melakukan eksekusi nama-nama PKBM tersebut adalah kasi SMA Junus Kesaulya.
         "Saya hanya diberitahukan nama PKBM tersebut siap dikirim ke kementrian dan selanjutnya mereka akan menerima menerima bantuan dana pembinaan dari pempus," ujar Lohy. Besar dana bantuan tersebut bervariasi, berdasarkan jumlah siswa atau peserta belajarnya. 
          "Ada yang kurang dari 50 juta & ada juga yang lebih, berdasarkan jumlah peserta belajarnya," tambah Lohy. Selain itu, sumber lain di kantor itu menyebutkan, data PKBM selama ini tak jelas. Jadi bisa saja ada permainan antara pejabat dinas pendidikan dan pimpinan PKBM tersebut. 
        "Jadi dana dari pemerintah pusat melalui nomor rekening pimpinan PKBM, tetapi dimakan bersama dengan oknum pejabat dinas pendidikan tersebut," tegasnya. Buktinya kata Dia, ada pejabat di kantor itu saat ini telah memiliki 2 unit mobil pribadi. "Kalau bukan dari hasil korupsi, trus uang dari mana, dari gaji sangat tidak mungkin. 
        Saat ini di Maluku terdapat 25 PKBM, yang tiap tahun anggaran menerima bantuan dana pembinaan dan operasional 50 juta rupiah atau lebih. "Kalau saja 10 diantaranya yg fiktif, berarti berarti uang negara yang sudah dimakan sebanyak 10 X 50 juta = 500 juta, dikalikan dengan 3 tahun pejabat tersebut bertugas hasilnya mencapai 1, 5 milyar rupiah.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes