Senin, 07 Desember 2015

Kades Waekerta Dukung Musnahkan Tambang Ilegal



    Namlea-Lira Maluku News. Kepala Desa (kades) Waekerta Unit 16, Suari mendukung sepenuhnya upaya pemerintah kabupaten bersama TNI-Polri setempat, dalam memberantas kegiatan tambang emas ilegal di kawasan itu.  

 
      Hal itu terbukti bersama sekdesnya Edy Sutrisno, melakukan pemusnahan terhadap tromol dan tong yang dibangun/ditempatkan di sembarang tempat, yang menimbulkan keresahan warga.
     Yang dilakukan kades dan sekdes Waekerta Unit 16 itu, saat bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi didampingi Dandim 1506 Namlea, Letkol Inf Faisal Rizal serta rombongan melakukan pemusnahan dan pembersihan  terhadap penambang illegal, yang menggunakan mesin tromol dan tong di Dataran Waeapo, pekan lalu.

 
     Kepada media ini, kades Waekerta Suari mengatakan, apa yang dilakukannya itu untuk mendukung kebijakan pemkab Buru dan langkah itu untuk mencegah bertebarannya merkuri di kawasan itu yang merugikan masyarakat banyak.
     “Pemusnahan Tong dan tromol tersebut merupakan langkah tepat yang diambil pemerintah kabupaten, untuk mencegah bertebarannya barang haram berupa merkuri yang kini bertebaran dimana-mana,” tegas Suawari.
      Menurutnya,“Masyarakat sangat berterimakasih kepada Pemerintah kabupaten, yang secara serentak telah memusnahkan penambang illegal yang menggunakan mesin tromol dan tong yang setiap saat berbunyi baik itu pada malam hari maupun siang hari yang mengakibatkan terganggunya masyarakat di kawasan itu. Sekaligus pemusnahan tromol berarti mencegah berkembangnya pencemaran lingkungan dari pengunaan merkuri dan sianidar yang perlahan– lahan dapat membunuh manusia. (AK).

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes