Senin, 21 Desember 2015

Silpa APBD Aru Membengkak Masih Ada Proyek Yang Dananya Belum Dicairkan



      Dobo-Lira Maluku News. Laporan Pertanggung jawaban APBD pemkab kabupaten Kepulauan Aru, dari tahun-ketahun selalu menyajikan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) Plus, mencapai ratusan milyaran rupiah.
      Kendati kehidupan ekonomi masyarakat di kabupaten ini termasuk terpuruk dan termiskin bahkan terjadi kematian masal di desa Tunguwatu, namun SILPA selalu mewarnai catatan devisit keuangan daerah.


      Bengkaknya (SILPA) APBD Aru menjadi pertanyaan publik, apakah ini disebabkan kurangnya penyerapan anggaran oleh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), ataukah, hal ini dilakukan hanya untuk menutupi keadaan keuangan yang mengalami devisit ratusan juta rupiah. 
Pasalnya sampai saat ini masih ada paket pekerjaan tahun anggaran 2013, 2014, dan 2015 yang belum dicairkan. 
      Menanggapai hal ini, ketua DPRD Andreas Liembers, SE, di ruang kerjanya kepada media ini mengatakan, hal ini disebabkan adanya proses tender untuk paket-paket pekerjaan yang selalu terlambat, dalam hal belanja modal.
     “Salah satu penyebab realisasi anggaran rendah yang berdampak pada pembengkakan SILPA, karena proses tender untuk paket-paket pekerjaan itu selalu terlambat, dalam hal belanja modal. Bahkan 
sampai saat ini pun ada paket pekerjaan yang masih dalam proses tender’”ujarnya.
       Terkait dengan realisasi pekerjaan tahun 2013, 2014, yang belum dicairkan sampai sekarang, menurut Dia, pihaknya tidak menghendaki masuk dalam luncuran tahun 2015, karena, kesempatan untuk berproses dan bekerja sudah sejak bulan Januari sampai Desember 2015.
       Dan apabila tidak selesai dalam waktu 12 bulan maka akan diambil tindakan, sebab tidak ada alasan untuk paket pekerjaan yang belum selesai, karena selama ini tidak ada kondisi luar biasa, semisal bencana alam.
       “Apabila ada alasan dari pihak ke-tiga, maka alasannya benar-benar dapat dipertanggung-jawabkan, karena kita tidak pernah mengalami bencana alam atau mengalami kondisi luar biasa,”tambahnya.(Tim)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes