Sabtu, 06 Februari 2016

Ipehapu Kecam Operasi Pengangkatan Sedimen di Teluk Kayeli Oleh PT BPS

 

      Namlea, Lira Maluku News – Ketua Ikatan Pemuda Pemerhati Hak- Hak Adat Buru (Ipehapu) menyatakan sikap untuk mengecam PT Buana Pratama Sejahtera(BPS) yang melakukan operasi pengangkatan Sedimen di Sungat Anhoni dan Wansait Kecamatan Teluk Kayeli Kabupaten Buru.
      Pasalnya, ada kesepakatan bersama masyarakat adat untuk melakukan pencegahan lewat ritual Sasi adat di sekitarlokasi tersebut. Sayangnya pihak PT BPS tidak mengindahkan sasi adat tersebut, sehingga sangat dikuatirkan akan terjadi tindakan anarkis oleh masyarakat.
      Ketua Ipehapu Amsan Besan menilai, PT BPS telah melecehkan simbol adat yang terdapat di lokasi itu. “Kami masyarakat adat sangat memprotes keras dan mengecam sikap arogan yang ditujunkan pihak PT BPS yang tidak mengindahkan kesepakan masyarakat adat berupa simbol sasi adat di lokasi itu. Dan bila Pemerintah Provinsi Maluku, tidak segera menyelesaikan tuntutan kami, sebagaimana yang telah disampaikan melalui anggota DPRD Provinsi lewat komisi B saat mendatangi Gunung Botak beberapa waktu lalu, di kuatirkan masyarakat adat yang nantinya akan bersikap untuk menghentikan kegitan pengangkatan sedimen yang di lakukan PT BPS” Ujar Amsan.
      Menurutnya, masyarakat adat buru sangat menyayangkan, sikap Kapolda Maluku bersama rombongan saat mendatangin lokasi Dusun Wasboli, yang seakan-akan meberikan angin segar kepada PT BPS, untuk dengan sengaja menggerakan tiga unit exapator beroperasi di Kali Anhoni, sementara larangan sasi adat sudah dipasang di tengah kali tersebut.
      “Kami sangat heran dua hari terhenti operasi pengangkatan sedimen, paska pembakaran Kem- dan Pos jaga PT BPS, namun setelah kedatangan Kapolda Maluku Brigjen Pol, Ilham Salahudin dan rombongan tiba di lokasi Wasboli, serentak PT BPS sengaja beroperasi sementara Kapolda masih berada dilokasi,”tambahnya. (AK).

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes