Rabu, 03 Februari 2016

Kapolda Lakukan Kunker di Wasboli, Wartawan Dilarang Meliput


    

     Namlea, Lira Maluku News- Kapolda Maluku Brigjen Polisi Ilham Salahudin, Rabu sore  (3/2) melakukan kunjungan kerja pertamanya di kabupaten Buru, tepatnya di Wasboli lokasi tambang ilegal Gunung Botak.
     Kapolda dan rombongan yang tiba di Wasboli dengan iring-iringan sekitar pukul 15.40 wit, langsung memasuki kawasan Gunung Botak tersebut. Sayangnya, dalam kunjungan itu, awak media tidak diijinkan untuk melakukan peliputan kegiatan orang nomor satu di polda Maluku tersebut.
    Hal itu dibuktikan dengan adanya larangan yang dilakukan anggota Brimob polda Maluku, dengan aksi menutup jalan masuk ke lokasi Wasboli, sehingga tidak bisa dimasuki para wartawan.
     Ironisnya, kedatangan kapolda bersama rombongan itu membawa angin segar kepada PT Buana  Pratama Sejahtera (PT BPS). Pasalnya, sebelum kedatangan rombongan kapolda Maluku tersebut, aktivitas pengerukan di kawasan itu sudah terhenti sejak adanya insiden pembakaran dua hari lalu.
     Namun saat kedatangan Kapolda tersebut, para pekerja dengan menggunakan rompi berwarna  orange dan helm bertuliskan PT BPS itu, langsung melakukan aktivitasnya kembali tanpa memperdulikakan sasi adat yang sedang berdiri di tengah-tengah lokasi pengerukan.
     Sumber dilokasi yang enggan menyebutkan namanya menjelaskan, aktivitas para pekerja dilokasi baru mulai dilakukan lagi hari ini, setelah dua hari terhenti pasca insiden pembakaran dan pengrusakan pos serta camp karyawan.
     Semenara itu ketua Ikatan Pemuda Pemerhati Hak-hak Adat, Amsal Besan menyesalkan kondisi yang terjadi itu, apalagi hal itu terjadi di saat kunjungan kapolda Maluku. Menurutnya, aktivitas yang sudah dijalankan itu merupakan pelecehan adat. Pasalnya, lokasi sementara di sasi, namun perusahan masih tetap menjalankan aktivitas pengerukan.
     Pelecehan adat  itu kata Besan, ada sangksinya, karena masyarakat adat akan tersinggung mengingat simbol adat sudah dilecehkan, sehingga dikhawatirkan akan ada reaksi besar dari masyarakat adat.
     Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, saat melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Buru, Kapolda Maluku didampingi sejumlah perwira polri. (AK)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes