Sabtu, 06 Februari 2016

Wings Air Buka Jalur Penerbangan Ambon – Dobo



Kilikily : Bandara Memenuhi Syarat Untuk Itu

 
      Dobo, Lira Maluku News- Maskapai penerbangan Wings Air, segera akan membuka jalur penerbangan rute Ambon – Dobo. Penerbangan perdananya direncanakan akan berlangsung pekan depan, tepatnya tanggal 15 Pebruari 2016 mendatang.
      Terkait itu, Area Manager Wings Air wilayah Maluku Ramli Wakawimbang, pekan lalu telah melakukan survey dan meninjau kesiapan bandara Dobo. Dan menurutnya, bandara Dobo telah memenuhi seluruh persyaratan , baik administrasi kelayakan Bandara serta fasilitas pendukungnya.  
Kasubsie Teknik Operasi, Keamanan, dan Pelayanan Darurat Bandara Udara Rar Gwamar Dobo, Richaard Kilikily kepada media ini membenarkan hasil survey yang dilakukan Area Manajer Wings Air wilayah Maluku tersebut, “  Ya memang benar bandara Rargwamar Dobo telah dinyatakan memenuhi persyaratan untuk itu,” ujarnya seraya menambahkan bandara telah siap tinggal Wings-nya saja.
      Menurutnya, ijin dari kementrian telah siap dan untuk sementara hanya untuk melayani rute penerbangan Ambon- Dobo dan Dobo- Ambon saja, semenara Tual – Dobo atau sebaliknya belum bisa, karena ijin untuk itu dari kementrian Perhubungan belum ada.
      “Untuk sementara hanya untuk rute penerbangan Ambon – Dobo dan Dobo – Ambon saja, sementara Tual – Dobo atau sebaliknya belum bisa, karena belum ada ijin dari kementrian Perhubungan,”jelas Kilikily.
      Khusus bandara Gwamar Dobo kata Kilikily,”Karena data pendukung persyaratan dan kelayakan bandara telah diserahkan kepada pihak Wings Air. Contohnya, mungkin ATR 72 lebar berapa dan panjang berapa serta spesifikasinya sudah ada, sehingga tidak ada lagi uji coba untuk landing,”katanya.
      Jadi,”Bandara Gwamar Dobo saat ini dinyatakan siap untuk penerbangan maskapai Wings  Air, tinggal hanya internal maskapai yang bersangkutan membahas apa saja yang perlu di penuhi termasuk kantornya di Dobo, untuk kapasitas penumpang Wins Air berjumlah 75 seed, akan tetapi karena layaninya rute Ambon – Dobo dan Dobo Ambon saja, maka kapasitas penumpang dikurangi menjadi 52 orang saja, sisanya ditambah dengan bahan bakar karena kendala dobo tidak adanya bahan bakar avtur, selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan pihak Pertamina Dobo untuk menyediakan bahan bakar avtur,”tambah Kilikily.
      Menurut Kilikily, jadwal penerbangannya satu minggu penuh atau setiap harinya dan tidak ada istirahat. Sementara untuk waktu atau jamnya jika ada perubahan nanti akan disampaikan pihak bandara setelah sudah dinformasikan dengan pihak maskapai.

      “Setelah Wings Air masuk maka di pastikan pada tahun 2017 maskapai penerbangan Garuda juga akan  landing di Bandara Rar Gwamar Dobo, karena saat ini pihak Bandara sementara membangun penambahan bandara, baik itu fasilitas pendukung maupun perpanjangan runway bandara dengan panjang 100 meter dan lebar 7 meter yang sementara ini lagi dikebut. Dan jika itu siap, maka tolal panjangnya mencapai 1400 meter sementara lebar menjadi 30 meter. dan perpanjangan bandara 100 meter dibiayai oleh APBN,”tegasnya.
      Rencananya Pemda Aru lewat APBD juga akan bantu  untuk memperluas bandara sepanjang 200 meter, karena anggarannya mencapai 2 Miliar maka Pemda lagi sementara berkonsultasi dengan pihak kejaksaan untuk mengawasi proyek tersebut (Dedi)

 

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes