Minggu, 20 Maret 2016

1530 Guru Kontrak Belum Terima Gaji Triwulan Pertama



Patty : Sudah Jadi PNS, Masih Juga Terima Gaji Kontrak 

 

Ambon, Lira Maluku News- Nasib 1530 guru kontrak dari SD sampai SLTA yang tersebar di 11 kabupaten/kota di provinsi Maluku, kurang mendapat perhatian pemerintah provinsi (pemprov) Maluku.


Terbukti, kendati gajinya hanya sebesar 915 ribu rupiah/bulan, jauh  di bawah upah minimum provinsi (UMP) 1 juta 650 ribu rupiah/bulan, namun dalam triwulan pertama tahun 2016 ini, mereka belum juga menerima gaji, lantaran harus menunggu pihak dinas dikbud provinsi Maluku melakukan verifikasi ulang data guru kontrak tersebut.

Pasalnya, guru dari berbagai tingkatan yang dikontrak sejak tahun 2004 lalu, dicurigai sebagian dari mereka ada yang sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi masih juga menerima gaji guru kontrak selain gaji PNS.

Kepala bidang (kabid) Pendidikan Dasar, dinas dikbud Maluku D Patty yang juga Kuasa Penggunaan Anggaran (KPA) proyek guru kotrak tersebut kepada media ini, Sabtu (19/3) sore menjelaskan, pada prinsipnya pihaknya akan tetap membayar gaji guru kontrak tersebut, tetapi setelah adanya verifikasi data.

“Kami perlu tau dengan pasti, apakah guru tersebut benar-benar masih menjadi guru kontrak, atau jangan-jangan yang bersangkutan sudah menjadi PNS. Pasalnya, ada diantara mereka yang sudah menjadi PNS di kabupaten masing-masing sejak beberapa tahun lalu, namun karena tidak pernah melaporkan kepada kami, sehingga gaji mereka sebagai guru kontrak masih tetap dibayar selain mereka juga menerima gaji sebagai PNS,”tegasnya.

Hal itu terjadi kata Patty, karena oknum guru tersebut bekerjasama dengan kepala sekolah tempat dia bertugas, sehingga walaupun sudah menjadi PNS, gaji guru kontraknya tetap dibayar, ” ujarnya sembari mengaku, hal itu memang sulit diawasi, karena selama ini gaji guru kontrak dibayar langsung ke rekening pribadi mereka. Karena itulah, kami merasa perlu untuk melakukan verifikasi data guru kontrak di Maluku kembali, termasuk memperbaiki mekanismenya,” tambahnya. (**)         

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes