Kamis, 10 Maret 2016

PT MUK Bayar Santunan Kepada La Mima, Korban Kecelakaan Kerja 14 Pebruari Lalu

 

Namlea, Lira Maluku News– Peristiwa kecelakaan kerja yang berakibat meninggalnya La Mima (46), karyawan PT Mutu Utama Konstruksi (MUK) yang berlokasi di base camp Desa Samalagi, kecamatan Waplau, kabupaten Buru tanggal 14 Pebruari 2016 lalu, cukup mendapat perhatian masyarakat luas.  

Saat itu terjadi kecelakaan pukul 14.00 wit, korban yang juga ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Sanleko, sedang bekerja pada bagian produksi Kulbin atau tempat penampungan material/agregat batu.    

Saat kejadian, Manager base camp Achmad Laitupa bersama koordinator dum truck jafar Tinggapi alias Lessy, langsung melaporkan peristiwa itu ke polsek Waplau dan petugas polisi sudah mendatangi lokasi kejadian, guna melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kepala personalia PT MUK Zulkifly Soamole membenarkan kejadian kecelakaan kerja yang menimpa La Mima tersebut.

Kepada wartawan di Namlea, Kamis (10/3) siang, Soamole mengatakan, kejadian tersebut akibat hantaman mesin produksi material, namun pihaknya bersama aparat polsek Waplau saat itu tetap  berupaya membawa korban ke RSU Namlea, guna dilakukan otopsi.

“Pihak perusahan selanjutnya menyerahkan korban kepada pihak keluarganya di dusun Marloso, desa Salenko, kecamatan Namlea,” ujarnya.   

Menurut Soamole, pihak perusahaan dalam kurun waktu tujuh hari setelah kejadian itu, juga telah melaksanakan kewajibannya, berupa penyerahan santunan kematian sebesar 58 juta 932 ribu rupiah, sesuai masa kerja korban yang diterima isteri koban Ny Dewi Buton.

Penyerahan santunan yang mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) no 44 tahun 2015, tentang program jaminan kecelakaan kerja dan kematian dan Peraturan menteri tenaga kerja (Permenaker) no 44 tahun 2015, tentang program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi pekerja harian lepas, borongan dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) pada sektor jasa konstruksi tersebut, disaksikan kepala desa (kades) dan Camat setempat. (AK)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes