Senin, 18 April 2016

Bank Maluku di Obok, Kejati Tiru Gaya KPK



Ambon, Lira Maluku News. Aksi penggeledahan dan penyitaan dokumen dari Bank Maluku oleh tim kejaksaat tinggi (Kejati) Maluku, Jumat lalu, diperkirakan akan berdampak buruk terhadap perkembangan Bank tersebut kedepan. 


Direktur LSM Lira Maluku, Jan Sariwating kepada media ini, Senin (18/3) siang tadi mengaku, dampak buruk itu dikarenakan sebagian nasabah Bank Maluku menjadi gerah dan dibuat takut atas kehadiran tim kejati Maluku tersebut yang didampingi aparat Kepolisian dengan senjata laras panjang, saat melakukan  penggeledahan di Bank milik daerah tersebut.

Menurutnya, tim kejati Maluku hanya meniru cara-cara yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menangani kasus tipikor. 

“Dalam hal ini, mereka tidak mau kalah dan  mau bersaing dengan KPK dalam penanganan kasus kasus tipikor. Dan atas aksi tersebut, nasabah bisa saja hengkang dari Bank milik daerah tersebut, karena merasa tidak aman atas simpanan mereka,”tegas Sariwating.

Dijelaskan, kalau peristiwa itu masih berulang dan Bank Maluku terus di obok-obok, maka bisa saja terjadi penarikan dana secara besar-besaran oleh nasabahnya, yang ber-ujung pada colaps-nya Bank tersebut.

Kenapa tidak, sebab pertanyaan-nya,  semua dokumen yang disita itu, apa hanya berkaitan dengan kasus pembelian lahan di Surabaya saja, atau ada juga data penting lainnya, yang merupakan rahasia bank yang terkait dengan nasabah-nya  ?

“Timbul pertanyaan, semua dokumen yang disita itu, apa hanya berkaitan dengan kasus pembelian lahan di Surabaya saja, atau ada juga data penting lainnya, yang merupakan rahasia bank yang terkait dengan nasabah-nya  ?,”ujar Sariwating seraya menambahkan, jika itu benar bahwa ada juga dokumen penting lain yang terkait dengan rahasia bank dan nasabahnya, siapa yang bisa menjamin bahwa data-data yang disita tersebut bisa steril dari tangan oknum yang tidak berkompoten dan tidak bertanggung jawab  ?

Karena, yang disita itu juga termasuk perangkat keras seperti laptop, hard disc dan lain-lain, dimana didalamnya ada data-data rahasia bank yang dijamin oleh undang-undang, yang tidak boleh jatuh ke pihak lain.

Untuk itu Kajati Maluku diminta, untuk menjelaskan kepada masyarakat,  bahwa dokumen-dokumen yang disita tersebut tidak akan disalah-gunakan, sehingga  tidak ada kecurigaan dan pikiran negatif atas aksi tim kejati Maluku tersebut. (**)   

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes