Rabu, 27 April 2016

Dana Sertifikasi Guru di Aru, Menjadi Sorotan BPAN



Dobo, Lira Maluku News. Dana sertifikasi guru di kabupaten Kepulauan Aru, mendapat sorotan Komite Eksekutif Badan Penelitian Aset Negara Aliansi Indonesia (BPAN). Pasalnya, dana yang diberikan pemerintah pusat tersebut, selama ini diterima tidak tepat waktu oleh para guru yang berhak.

Kepada media ini di Dobo, Selasa (26/4) kemarin, anggota Komite eksekutif BPAN Aliansi Indonesia pusat, Johanes Benamen mengatakan, sesuai dengan fungsi lembaga ini, “Kami melihat hal ini sebagai temuan yang akan kami laporkan kepada instansi penegak hukum yang ada, guna diproses hukum,”tegasnya.

Menurut Benamen, sesuai data yang dimiliki pihaknya, ada sejumlah masalah korupsi di berbagai SKPD pemkab Aru, dengan nilai kerugian negara cukup fantastis, namun belum terungkap, karena belum dijamah aparat hukum.

Karena itu, kehadiran lebaga ini di kabupaten Aru, untuk bisa membantu pemerintah khusunya aparat penegak hukum dalam melakukan investigasi terhadap masalah korupsi dan menyerahkannya kepada aparat penegak hukum, guna mengungkapnya.

 “Kehadiran Komite Eksekutif BPAN di kabupaten Aru, selain untuk membantu pemberantasan korupsi, juga untuk menyelamatkan aset negara yang ada,”ujar Benamen.

Sementara itu, ketua Yayasan Jargaria Dobo, Thomas Benamen mengatakan, ada sejumlah kasus korupsi yang merupakan temuan pihaknya, sudah dilaporkan ke aparat penegak hukum, namun hingga saat ini belum juga terungkap.

Menurutnya, salah satu SKPD yang cukup mendapat perhatian publik selama ini, adalah dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kabupaten Aru. “dan masalah yang paling menonjol, adalah penyalah-gunaan dana sertifikasi guru serta tunjangan lainnya. Contohnya, dana sertifikasi guru triwulan I tahun 2016, yang seharusnya diterima bulan Maret lalu, namun sampai akhir bulan April ini, belum juga diterima. Padahal dana itu disediakan pemerintah pusat kepada para guru, dengan aturan yang berlaku,”tambahnya. (Dedi)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes