Kamis, 19 Mei 2016

Jamkesda Tak Berlaku Lagi, Masyarakat Disarankan Gunakan BPJS Mandiri



Ambon, Lira Maluku News -Direktur RSUD Dr Haulussy Ambon, dr Justini Pawa mengaku, sejak awal  Mei lalu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), sudah tidak berlaku lagi, sesuai surat edaran yang diterima.  


Kepada media ini Kamis, (19/5/2016), Pawa mengatakan, kendati demikian pelayanan di RSUD Haulussy harus tetap di berikan yang terbaik kepada masyarakat yang datang, dan kepada mereka yang menggunakan Jamkesda, disarankan untuk menggunakan BPJS Mandiri bernilai 30 ribu rupiah.

“Jadi terhadap pasien Jamkesda, kami selalu sarankan agar mereka menggunakan BPJS Mandiri yang bernilai 30 ribu rupiah. Dan itu yang terjadi setiap hari kami lakukan, baik itu pasien rawat jalan maupun rawat inap, “ujar Pawa.

Kendala yang ditemui, bila itu terjadi  pada pasien operasi, karena biayanya lebih besar. “Akibatnya dokter minta tidak usah bayar jasa dokter sebesar 35 persen, namun bagaimana dengan biaya operasional rumah sakit sebesar 65 persen, untuk bayar listrik yang dipakai peralatan operasi, AC maupun perlatana lain ? Terpaksa kami yang menanggung. Ini contoh kasus yang terjadi baru-baru ini,”jelas Pawa.

Padahal, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), RSUD Haulussy Ambon tidak lagi mendapat bantuan dana dari pemerintah provinsi Maluku seperti yang terjadi sebelumnya, karena sebagai BUMD diwajibkan untuk mengelola keuangan sendiri.

“Biaya yang cukup besar yaitu untuk pasien cuci darah karena itu harus berlanjut, yang saat ini berjumlahnya mencapai 60-an pasien, disamping itu biaya obat-obatan yang juga besar.  Kendati begitu, kami terus melakukan pembenahan diberbagai bidang dan berikanan  pelayanan terbaik kepada masyarakat, karena itu kewajiban kami sebagai rumah sakit rujukan. (Hen)   

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes