Senin, 30 Mei 2016

Musim Penggilingan Terlambat, Harga Gula Pasir Melonjak



Ambon, Lira Maluku News.  Harga Gula pasir di kota Ambon, dalam beberapa hari terakhir ini mencapai 18 ribu rupiah per-kilogram, baik di pasar Swalayan maupun pasar tradisional, sementara harga normalnya antara 12 ribu sampai 13 ribu rupiah per-kilogram. 

Kepala dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) kota Ambon, Rudi Watilete kepada media ini, Senin (30/5/2016) mengaku, kenaikan harga gula pasir hingga mencapai harga eceran tertinggi tersebut, dikarenakan berkurangnya persediaan di tingkat distributor dan penyebab utamanya adalah terlambatnya musim penggilingan.

Menurut Watilete, saat ini ada enam distributor besar gula pasir di kota Ambon, diantaranya Fa Bandil, sehingga bila persediannya berkurang, pasti itu akan berpengaruh terhadap harga dipasaran.

Untuk mengantisipasi persediaan maupun kenaikan harga gula pasir/sembako di kota Ambon khususnya dan provinsi Maluku pada umumnya jelang bulan Ramadhan tahun 2016 ini, pihaknya sedang berkoordinasi dengan dinas Perindag provinsi Maluku serta dinas terkait, untuk mencari solusi terkait meningkatnya harga gula pasir yang berhubungan dengan terlambatnya musim penggilingan tersebut.

“Kami sedang berkoordinasi dengan dinas Perindang provinsi Maluku dan dinas terkait, untuk mengantisipasi masalah ini, khususnya jelang bulan Ramadhan tahun ini, dengan berencana melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga  gula pasir tersebut,”tambah Watilete. (**)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes