Minggu, 15 Mei 2016

Penanganan Pengungsi Dusun Jawa Sakti, Sudah Sesuai Prosedur



Piru, Lira Maluku News.  Penanganan pengungsi , masyarakat korban bencana alam di Dusun Jawa Sakti, Desa Soleh, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang terjadi belum lama ini, sudah sesuai prosedur dan tidak masalah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten SBB, Drs A Siahaya kepada media ini di Piru, Minggu (15/5/2016) menjelaskan, korban bencana alam Dusun Jawa Sakti tersebut, jumlahnya mencapai 644 jiwa tersebut, semuanya di evakuasi melalui jalur laut dengan sejumlah motor temple atau bodi, bahkan sembako yang di distribusikan kepada pengungsi sebanyak itu-pun, dilakukan melalui jalur laut dengan menggunakan motor tempel/bodi yang semuanya disewa oleh BPBD SBB.

Alasannya kata Siahaya, karena lokasi tempat tinggal mereka, terkena musibah longsor sehingga harus dievakuasi melalui jalur laut. 

“Anda bisa bayangkan, pengungsi korban bencana alam sebanyak itu harus di evakuasi melalui jalur laut dengan motor tempel/bodi, dan itu terjadi dari malam sampai pagi hari baru selesai kegiatan evakuasi. 
Bahkan sembako kepada mereka, juga di distribusikan melalui jalur laut, menggunakan motor tempel/bodi, yang semuanya disewa oleh kami. Tentunya memakan biaya yang tidak sedikit jumlahnya dan bila dihitung-hitung, biaya itu lebih dari 150 juta rupiah,”tegas Siahaya.

Sementara itu pantauan media ini di lokasi pengungsian, penanganannya sudah sesuai prosedur dan tidak ada masalah karena kebutuhan para pengungsi tersebut selalu terpenuhi, atas kerjasama BPBD SBB dengan aparat pemerintah Desa serta relawan.  (Nef)    

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes