Selasa, 10 Mei 2016

RSU Tulehu Butuh Peralatan dan Ruangan




Ambon, Lira Maluku News. Rumah Sakit Umum (RSU) Tulehu, saat ini kekurangan ruangan dan peralatan, seiring bertambahnya jumlah pasien dari waktu ke waktu, baik rawat inap maupun pasien rawat jalan.


Direktur RSU Tulehu, dr Yohanes Paranuan kepada media ini, Senin (9/5/2016) mengaku, akibat kekurangan ruangan poliklinik, pelayanan untuk beberapa jenis penyakit harus meminjam ruangan lain yang terpisah.

Demikian halnya ruangan/bangsal  pasien rawat inap, tak memadai lagi untuk menampung jumlah pasien yang terus meningkat.

Bahkan peralatan yang dimiliki RSU Tulehu jelas Paranuan, ada sebagian yang rusak akibat kondisinya yang sudah tua, disamping perlu penambahan peralatan untuk operasi mulut maupun city scan yang sangat mendesak.

Menurutnya, kebutuhan peralatan tersebut terkait dengan jumlah tenaga  spesialis yang saat ini bertugas di RSU Tulehu, diantaranya  enam tenaga spesialis (organik), masing-masing spesialis bedah, anak, jantung , anastesis, radiologi dan gizi.

Disamping itu ada 12 dokter spesialis lain (non organik) yang kerjanyanya part time, diantaranya spesialis kebidanan dan bedah mulut, yang berasal  dari sejumlah rumah sakit lain di kota Ambon da sekitarnya.

“Pembayaran ke-12 dokter spesialis tersebut jelas Paranuan, itu sudah dimasukan ke DIPA, diantara lima sampai tujuh juta rupiah per-dokternya,”jelasnya.

Tujuannya hanya satu kata Paranuan, yakni untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, apalagi sebagian besar pasiennya merupakan keluarga tak mampu/miskin.  Dan terhadap mereka diberikan pelayanan gratis.

“Rumah sakit punya pemerintah, dokter juga dibayar pemerintah, peralatan dan obat-obatan juga disediakan pemerintah, sangat pantas pasien tak mampu/miskin diberikan pelayanan gratis,”tambah Paranuan.

Sebagai rumah sakit pilihan, sebagian besar pasien kami, itu berasal dari desa-desa di kecamatan Salahutu, Leihitu, pulau Haruku dan kecamatan Saparua bahkan pulau Seram. (**)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes