Jumat, 24 Juni 2016

BPOM Maluku Belum Temukan Vaksin Palsu di Ambon



Ambon, Lira Maluku News.  Kepala BPOM Maluku, Sandra M.P Linthin, Apt, M.Kes menegaskan, sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya Vaksin palsu di Ambon dan sekitar.

Penegasan itu disampaikan Sandra Linthin kepada media ini, Jumat (24/6/2016) setelah tim BPOM Maluku melakukan pantauan di sejumlah rumah sakit dan klinik-klinik ibu dan anak yang tersebar di kota Ambon dan sekitarnya, menyusul ditemukannya Vaksin palsu oleh aparat kepolisian di Jakarta dan Bekasi 2 hari lalu.

“Setelah ada informasi temuan virus palsu, kami sudah menurunkan tim ke sejumlah rumah sakit dan klinik-klinik ibu dan anak, kemudian distributor, namun sejauh ini tim belum menemukan apa yang disebutkan tersebut,”tegasnya.

Kendati begitu, pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan dinas Kesehatan provinsi Maluku maupun dinas Kesehatan kabupaten/kota, untuk memantau adanya hal-hal seperti itu. “Kami juga akan  mengirim surat ke dinas Kesehatan kabupaten/kota se-Maluku, untuk memantau hal ini di daerahnya masing-masing, mudah-mudahan hal ini tidak ada,”jelas Sandra.    

Menurutnya, pihaknya sejak dulu selalu melakukan pengawasan di lapangan, termasuk terhadap Vaksin juga. “Jadi walaupun kami belum bisa menguji di tempat, karena laboratorium kami belum bisa, namun kami sampling dan dikirim untuk diperiksa di Jakarta,”tambahnya.

Dirinya mengaku, terkait masalah ini pihaknya sudah menerima instruksi dari pusat, dalam hal ini Badan POM, bila ditemukan tidak boleh langsung menyita tetapi hanya amankan, sambil melihat tanda-tanda palsunya.

“Memang informasi ini sudah tercium oleh Badan POM sejak tahun 2013 lalu, karena satu-satunya produsen Vaksin adalah Bio Farma dan produksi vaksinnya sudah diuji lebih dulu oleh Badan POM. Dan sesuai informasi dari Jakarta yang kami terima, Vaksin palsu itu bukan berasal dari distributor resmi, “jelas Sandra. (Joy)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes