Kamis, 02 Juni 2016

Kanguru dan Cendrawasi Dobo, Ikut Pameran PLI di Jakarta



Ambon, Lira Maluku News.  Bapedalda provinsi Maluku akan mengikutsertakan sejumlah hewan dan tanaman endemik Maluku yang dilindungi, dalam pameran  Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) di Jakarta dari tanggal 9 sampai 12 Juni 2016 mendatang.


Kepala Bapedalda provinsi Maluku, Ir Vera Tomasoa kepada media ini di kantornya, Rabu (1/6/2016) menjelaskan, terkait itu pihaknya sedang mempersiapkan tim termasuk materi yang akan diikutsertakan dalam pameran Pekan Lingkungan Indonesia tersebut.

“Sebagai contoh, banyak orang juga belum tau, Maluku juga mempunyai hewan Kanguru dan burung Cendrawasi,  yang endemiknya di Dobo kabupaten Kepulauan Aru,”ujarnya.

Disamping itu, beberapa hewan lain semisal hewan Kus-kus atau Kusu yang endemiknya di sejumlah tempat di provinsi Maluku, juga sejumlah jenis burung lain, diantaranya Kakatua hitam maupun Kakatua Putih, yang sering ditemui di pulau Seram, Saparua dan pulau Ambon.

“Kita juga akan menampilkan makanan khas dari hewan atau buru-burung tersebut, diantaranya buah kenari yang masih ada kulit hitamnya yang merupakan makanannya. Apalagi, pada umumnya orang hanya mengetahui kenari tetapi belum melihat buahnya dan kulitnya,”jelasnya.

Disamping itu kata Tomasoa, juga diikutsertakan sejumlah tanaman endemik Maluku, yang  perkembangannya sedikit berbeda dengan yang ada ada di provinsi lain di Indonesia. “Misalnya anakan tanaman Gandaria dan Atong, serta tanaman lain endemik Maluku,”tambah Tomasoa. (Joy)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes