Senin, 20 Juni 2016

Komisi III DPR RI Pertanyakan Sulitnya Eksekusi Putusan MA



    Ambon, Lira Maluku News, Komisi III DPR RI mempertanyakan sulitnya eksekusi terhadap putusan Mahkamah Agung yang jelas jelas putusan tertinggi di sistim pengadilan. Hal tersebut terungkap saat rapat konsultasi Komisi III DPR dengan Mahkamah Agung di Gedung MA beberapa waktu yang lalu. “Kenapa eksekusi terhadap putusan kasasi perdata di MA ini susah sekali, dengan alasan harus menu nggu PK. Padahal putusan MA sendiri merupakan putusan tertinggi.Apa kendala yang dihadapi MA” ujar Adies Kadir, anggota komisi III DPR RI.



   Hal senada juga disampaikan anggota Komisi III lainnya Habib Abubakar Alhabsy mempertanyakan putusan kasasi MA terhadap berbagai kasus yang belum kunjung di eksekusi. Sementara itu Wakil Ketua Komisi III, Benny K Harman yang memimpin tim rombongan kembali menegaskan kepada Ketua dan para Wakil Ketua MA atas eksekusi putusan hakim agung yang sudah bersifat tetap tersebut.
     " Kami sungguh sungguh memohon perhatian MA bagi putusan Hakim Agung yang sudah bersifat tetap tapi tidak juga di eksekusi . Jangan sampai putusan MA bergigi ompong” tegasnya.
Menanggapi hal itu Ketua MA, M Hatta Ali mengatakan bahwa eksekusi terhadap putusan MA itu menjadi kewenangan dari Ketua Pengadilan .
     Meski demikian Hatta mengatakan pihaknya akan memberikan masukan kepada Ketua Pengadilan untuk mengeksekusi berbagai putusan MA. (parlementaria )

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes