Senin, 06 Juni 2016

Parera : Masyarakat Desa Semakin Sadar Petingnya Hidup Sehat



Dobo, Lira Maluku News. Delapan indikator yang dinilai dalam lomba desa yang dilaksanakan Tim Penggerak PKK kabupaten Kepulauan Aru, yakni pendidikan, kesehatan, kelembagaan masyarakat, PKK, ekonomi masyarakat, serta keamanan dan ketertiban. 



Sementara 10 indikator lain dalam penilaian lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), diantaranya persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang balita setiap bulan, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, makan sayur dan buah setiap hari dan memberantas jentik nyamuk sekali seminggu.


                                
Hal itu disampaikan ketua tim penilai lomba desa dan lomba PHBS kabupaten Aru, Imelda Parera kepada media ini di Dobo, akhir pekan lalu. 

“Walaupun belum ada hasil penilaian secara keseluruhan, namun indikator kesehatan yang sudah dinilai sudah cukup baik. Kendati begitu, masih ada yang kurang di kader-kader Posyandu, dalam hal ini ada sejumlah pertanyaan yang tidak dijawab, misalnya tentang kegiatan imunisasi, karena mereka tidak punya data,”ujar Parera.

Menurutnya, pada umumnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan sudah sangat baik. “Saya berharap, pengetahuan mereka terus dipacu, yang tentunya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan diwaktu mendatang. (Dedi)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes