Jumat, 10 Juni 2016

Pelaku Usaha dan Konsumen Belum Tau Hak dan Kewajibannya



Ambon, Lira Maluku News.  Pemotongan harga/discount besar-besaran, pada sejumlah barang dagangan di sejumlah Swalayan atau Departemen Store di kota Ambon, dalam bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah, menimbulan kecurigaan besar dikalangan masyarakat konsumen.


Pasalnya, pemotongan harga yang berlebihan itu terjadi pada barang produksi lama dengan harga satuan yang sudah digandakan sebelumnya.

“Misalnya sepatu wanita yang sebelumnya hanya seharga 200-an ribu rupiah, saat ini harganya sudah dinaikan menjadi 600 ribu rupiah dan diberikan discount 50 persen, begitu juga pada pakaian dan tas wanita, ujar ibu Selvia yang ditemui di lantai dua Matahari departemen store Ambon Plaza.

Menanggapi fenomena ini, kadis Perindag kota Ambon, Rudi Watilete yang didamping kasie Promosi dan  Perlindungan, Nova Tupamahu, Kamis (9/5/2016) mengaku, pihaknya tidak punya kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap masalah seperti itu.

Sebab sesuai aturan kata Watilete, pihaknya hanya bisa mengontrol sembako dan barang-barang strategis seperti besi beton dan bahan bangunan lain, maupun barang lain yang diberi lebel  Standar Nasional Indonesia (SNI).  

“Namun yang bisa kami lakukan, jika ada masyarakat/konsumen yang complain dan datang mengadu ke kami, dalam hal ini ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang ada di dinas Perindag provinsi Maluku, sesuai undang-undang nomor 20 tahun 2014, maka pengaduan/laporan tersebut akan ditindak lanjuti. Tetapi dalam pengaduan itu harus disertai dengan bukti diri atau KTP serta bukti pembelian barang tersebut. itupun awalnya kami hanya melakukan mediasi antara kedua pihak, tetapi bila tidak ada kata sepakat, barulah itu bisa diproses sesuai hukum yang berlaku,”ujarnya.

Hanya saja karena sebagian besar masyarakat/konsumen belum mengetahui tentang masalah ini, makanya sampai saat ini belum ada masyarakat/konsumen yang melakukan pengaduan seperti itu. (**)     

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes