Jumat, 03 Juni 2016

Peringatan Hari LH Sedunia Tahun 2016 Digelar



Ambon, Lira Maluku News.  Gubernur Maluku, Said Assagaff menegaskan, perdagangan satwa merupakan kejahatan yang harus dicegah sedini mungkin. Apalagi terhadap satwa yang dilindungi, baik itu hewan maupun burung endemik Maluku.


Karena itu, kedepan sangat dibutuhkan pembentukan balai yang berkaitan dengan itu, terutama untuk menangkal perdagangan satwa yang dilindungi tersebut, bahkan untuk melakukan penangkaran jenis hewan dan burung tertentu yang hampir punah.

“Saya pernah lihat dan tau, ada beberapa tempat penangkaran  hewan atau burung di luar Maluku, dan itu sangat baik jika kita lakukan didaerah kita, terhadap satwa yang dilindungi khusunya burung-burung khas daerah Maluku,”tegas gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan asisten III Z Sangadji, pada peringatan hari Lingkungan Hidup se-dunia tahun 2016 tingkat provinsi Maluku, Jumat (3/5/2016).

Menurut Gubernur, berbagai jenis satwa khususnya burung yang dimiliki daerah in cukup banyak dan jika itu kita jual/promosikan untuk kegiatan pariwisata lingkungan di Maluku, tentu akan sangat menarik untuk mendatangkan wisatawan manca negara ke daerah ini.

Dan untuk melakukan hal seperti ini, kita tidak bisa bekerja sendiri, tetapi harus bekerjasama atau melibatkan pihak lain, sehingga apa yang kita inginkan dapat terwujud/terlaksanakan diwaktu mendatang.

“Kita juga perlu mengajak berbagai komponen masyarakat untuk terlibat didalamnya, khususnya LSM dan kelompok penggiat lingkungan, untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitar kita,”harap gubernur.    

Sebelumnya, ketua panitia Drs Junan Tan, MSi dalam laporannya mengatakan, tema hari Lingkungan Hidup se-dunia tahun 2016, yakni Memerangi Perdagangan Ilegal Satwa Liar.

Menurutnya, dalam peringatan tahun ini, pihaknya sudah menggelar lomba Napak Tilas yang diikuti berbagai kelompok masyarakat, lomba Mewarnai Gambar oleh anak-anak TK serta lomba Pantai Bersih, yang diikuti desa dan kelurahan di pesisir teluk Ambon.

Peringatan hari Lingkungan Hidup se-dunia tersebut, diakhiri dengan penyerahan hadiah bagai pemenang lomba tersebut. (Joy)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes