Senin, 11 Juli 2016

704 Casis Perebutkan Jatah 198 Kursi di SMUN1 Ambon


Putuhena: Di Luar Rayon Harus Masuk Peringkat 10 Besar


Lira Maluku News. Menyandang  predikat  sebagai salah satu SMA favorit di kota Ambon  SMA Negeri 1 Ambon, diminati oleh banyak calon  siswa  saat penerimaan siswa  baru tahun ajaran 2016- 2017.

Tercatat sebanyak 704 calon siswa yang mendaftar pada SMU yang berlokasi di jalan raya Pattimura itu, lewat jalur penerimaan online, sementara jumlah  kuota  penerimaan hanya 198  siswa.
               
Ketua panitia Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB), Ny Jusni Putuhena, M M.Pd kepada media ini, Senin (11/7/2016) mengatakan, penerimaam jalur online adalah program baru yang diberlakukan di SMA Negeri 1 tahun ini  ,yang  pendaftarannya  dilaksanakan  selama satu  minggu dari tanggal 13 – 18 Juni 2016 lalu.

Menurutnya, selama berlangsungnya pendaftaran juga dilakukan verifikasi data para pendaftar yang dimulai pada 14 Juni lalu.  “Jadi setelah para calon siswa mendaftar, sehari sesudahnya kita mulai verifikasi data pendaftar, “ jelas Putuhena

Dijelaskan, penerimaan siswa baru untuk tahun ajaran 2016/2017 ini, dilakukan sesuai dengan pedoman Kurikulum ­­­­­­­­ 2013 (K-2013), adalah dua jurusan, yakni peminatan MIPA/IPA dan IIS/IPS dimana untuk untuk peminatan MIPA/ IPA tersedia empat, sedangkan bagi IIS/IPS hanya dua kelas dengan jumlah siswa masing masing kelas sebanyak 33 siswa.

Salah satu tolak ukur kualifikasi  siswa yang direkrut setelah pendaftaran adalah jumlah nilai siswa saat menjalani Ujian Nasional di tingkat SMP, yakni nilai terendahnya harus 50.

Sementara  dari data yang  dihimpun, sejumlah yang lolos PPDB tahun 2016, pada  sekolah  yang dipimpin oleh Dra.C.Mustamu, M,Pd ini, berjejer sejumlah siswa terbaik, yang memilki nilai ijazah SMP yang tinggi, misalnya untuk peminatan MIPA/IPA  tercatat, M Matahelumual dengan nilai  84, Kartika Monica  82 dan Kian Astanto 82, sementara untuk IIS/IPS pendaftar dengan nilai tertinggi adalah,   Brayen E Salhuteru 80 dan J E Tamtelahitu jumlah nilainya 76.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan ini juga menjelaskan, untuk  penerimaan siswa baru tahun ajaran 2016/2017 ini diprioritaskan, untuk sekolah rayon seperti untuk sekolah negeri, SMP Negeri 1 Ambon, SMPN 2, SMPN 4, SMPN6, SMPN10 dan SMPN14,  sementara  untuk sekolah swasta SMP Kristen YPKPM, SMP Santa Yakobus, SMP Lantera, sedangkan untuk MTS, yakni MTS Alfatah serta sejumlah MTS di Batu Merah, tapi untuk siswa yang berasal dari sekolahnya diluar rayon, maka  persyaratannya adalah siswa tersebut, harus memiliki prestasi tinggi,yang dibuktikan dengan surat keterangan dari sekolahnya bahwa siswa  tersebut masuk peringkat 10 serta rekomendasi minat dari guru BP  (Nick)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes