Rabu, 20 Juli 2016

Laut Aru Akan Disurvey Dua Perusahan Minyak Asing



Lira Maluku News. Dua perusahan minyak asing, yakni Ophir Energy yang berkantor pusat di Inggris dan State Oil dari Norwegia, awal Agustus 2016 mendatang akan melakukan survey seismik di laut Aru.


Survey yang akan menggunakan kapal khusus dengan peralatan canggih tersebut, untuk menyisir laut Arafura, sehingga dapat mendeteksi kandungan sumber daya alam (SDA) dibawah laut, berupa gas dan minyak bumi di perairan kabupaten Kepulauan Aru tersebut.
              
Kepala Dinas Pertambangan dan Enegeri kabupaten Kepulauan Aru, Drs Mohamad Djumpa, M.Si kepada media ini diruang kerjanya, Rabu (20/7/2016) mengaku, ke-dua perusahaan tersebut telah mendapat  ijin dari SKK Migas untuk melakukan survey selama kurang lebih empat bulan di perairan Arafura.

 “Seharusnya pada bulan Juli ini survey itu sudah dilakukan, namun karena saat ini ombak besar diperairan Arafura, sehingga kedua perusahan asing itu sudah mengkonfirmasikan, untuk ditunda sampai kondisi lautnya memungkinkan, tepatnya awal Agustus mendatang,”ungkap

Selain alasan kondisi laut kata Djumpa, kapal survey canggih yang akan digunakan nantinya, hanya ada di beberapa negara saja dan saat ini sementara dipakai oleh perusahaan negara lain untuk kegiatan yang sama di tempat lain.

“Jadi rencana survey ini karena pihak perusahaan tersebut ingin melakukan pemetaan struktur di bawah laut Aru, untuk memastikan adanya kandungan sumber daya alam dan mineral atau tidak, untuk nantinya diproses lebih lanjut,”ujar Djumpa.

Terkait itu, sangat diharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat terhadap kegiatan survey yang dibiayai oleh kedua perusahan asing tersebut.

“Jika hasil survey nantinya menemukan kandungan gas ataupun minyak dan hasil lainnya, akan ditindak lanjuti oleh negera untuk dilakukan eksplorasi untuk kesejahteraan rakyat, khusunya masyarakat di kabupaten Aru,”tambahnya. (Dedi)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes