Senin, 01 Agustus 2016

19 Sanggar, 13 Desa di Maluku dan Malut Akan Terima Bantuan Kemendikbud



Lira Maluku News. Sebanyak 19 Sanggar Seni dan 13 Komunitas Adat di Maluku dan Maluku Utara, akan menerima bantuan dari  Direktorat Jenderal (Dirjen) Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) RI.


Masing-masing sanggar seni, akan menerima bantuan Rp 95 juta, untuk renovasi dan pembelian pelengkapan pentas, sementara komunitas/desa adat sebesar Rp 350 juta, diberikan kepada  13 desa di Maluku.

Kepala Badan Nasional Pengembangan Budaya (BNPB) Ambon, Stevanus Tiwery S.Pd, SH  kepada media ini, Senin (1/8/2016) mengatakan, bantuan dana  tersebut akan direalisasikan bulan oktober mendatang.

Menurutnya, terkait itu 17 Juni  lalu,  para penerima bantuan tersebut telah mengikuti workshop dan penandatanganan MOU di Makasar.

Tiwery berharap,  bantuan tersebut dapat  direalisasaikan lebih cepat, pasalnya waktu pengerjaan rumah adat adalah enam bulan, sementara  untuk   sanggar seni  tiga  bulan.

Dalam hal ini, bantuan tersebut akan berdampak positif bagi komunitas budaya masyarakat maupun sanggar seni dalam memenuhi fasilitas pendukungnya.

"Untuk  sanggar seni harus terpenuhi peralatan musik tradisionalnya, seperti  tifa totobuang dan peralatan musik lainnya, sementara  properti untuk busana, adalah baju pentas serta asksesori, untuk mendukung  aktifitas  garapan  dan hasil kreasi  para seniman sanggar tersebut,"ujar Tiwery.

Sementara tujuan dari revitalisasi rumah adat, agar sarana tersebut  dapat difungsikan untuk  menghidupkan kembali tradisi adat di masyarakat.

"Jadi proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan adat dan budaya serta pelantikan raja dapat dilakukan di rumah adat itu, sehingga nantinya mata-mata rumah dan soa parentah dapat terwakili dan dapat berperan dalam mengambil keputusan untuk membangun negeri dan masyarakat adat tersebut,”jelasnya. (Nick)                                                    

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes