Kamis, 04 Agustus 2016

9 Rumah Adat di Maluku, Besok Diresmikan



Lira Maluku News. Sembilan rumah adat di Maluku, yang direnovasi dengan dana bantuan Dirjen Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME tahun anggaran 2015 lalu, akan diresmikan penggunaannya, Jumat besok.


Peresmian rumah adat oleh Direktur PKT, Kementerian Dikbud, Dra Sri Hartini MM tersebut, akan dipusatkan di desa Waraka, kabupaten Maluku Tengah.

Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Ambon, Stevanus Tiwery  SH,  S.Pd kepada media ini, Kamis (4/8/2016) mengatakan, rumah adat yang akan diresmikan tersebut, yakni rumah adat desa Waraka, Haruku, Mamala, Morela dan suku Naulu desa Nuanea  (Maluku Tengah), desa Longga, Apara dan Durjela (Kepulauan Aru), serta desa Buano (SBB).     

Menurutnya, peresmian rumah adat tersebut , adalah bagian dari  program revitalisasi desa adat dari Dirjen  Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan  YME,  yang ditujukan untuk membentuk kembali desain rumah-rumah adat di Maluku.

"Ini merupakan program revitalisasi desa adat dari Dirjen Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME, yang ditujukan untuk membentuk kembali desain rumah adat di Maluku," jelasnya. (Nick) 

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes