Selasa, 09 Agustus 2016

Kades Tutuwawang “Diduga” Sunat Dana Desa



Lira Maluku News. Kepala desa (kades) Tutuwawang, kecamatan Babar Timur, kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Yohanis Erupley diduga sunat dana desa untuk memperkaya dirinya.


Seperti yang terjadi dalam pencairan dana desa tahap pertama senilai 300 juta rupiah, dikelola sendiri oleh kades dengan membangun dua unit rumah warga yang total nilainya tidak mencapai 100 juta rupiah, sementara sisanya 200 juta rupiah lebih, digunakan untuk memperkaya diri sendiri.

“Jumlah itu dengan perhitungan, material batu dan pasir tidak dibeli, hanya membayar ongkos angkutnya saja, selebihnya gratis,”ujar sejumlah tokoh masyarakat Tutuwawang kepada media ini, Selasa (9/8/2016).      

Akibatnya, pencairan tahap II yang nilainya mencapai 600 juta rupiah, tidak bisa dilakukan menyusul adanya laporan tokoh masyarakat desa Tutuwawang, tentang  penyalahgunaan uang negara tersebut.

Selain itu, mereka juga mempertanyakan pelantikan yang bersangkutan sebagai kades Tutuwawang oleh bupati Barnabas Orno melalui camat Babar Timur, pasalnya prosesnya dinilai janggal karena tidak sesuai aturan yang berlaku, yakni tidak melalui proses dan mekanisme yang benar.

 “Sebelumnya yang bersangkutan berproses dalam pemilihan kades, tetapi dirinya kalah, namun dalam perjalanannya kades terpilih meninggal dunia karena sakit. Saat itu kami warga desa menginkan pemilihan ulang dan itu sudah disampaikan kepada camat dan bupati. Anehnya, camat dan bupati malah memilih untuk melantik yang bersangkutan sebagai kades definitive dengan alasan yang tidak jelas,”ujar mereka penuh tanya. (Dedi) 

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes