Minggu, 21 Agustus 2016

Status Unggul SMA Siwalima Ambon Dipertanyakan



Lira Maluku News. Status SMA Negeri Siwalima Ambon sebagai SMA unggulan yang bertaraf internasional di provinsi Maluku, saat ini dipertanyakan.


Pasalnya, kualitasnya saat ini jauh menurun, dibanding sejak berdirinya beberapa tahun lalu. 

"Kualitas lulusan, khusunya hasil Ujian Nasional (UN)-nya sejak tahun 2013 lalu, nilainya jauh dari harapan dan itu jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Akibatnya lulusan dalam dua tahun terakhir ini, banyak yang harus mengikuti ujian perbaikan nilai UN, sama seperti SMA reguler biasa," tegas sejumlah guru SMA Siwalima kepada media ini.

Selain itu, seleksi penerimaan siswa baru yang selama ini dibatasi hanya sebanyak 60 siswa dan terdiri dari lulusan SMP terbaik dari kabupaten/kota se-Maluku, namun sejak tahun 2014 lalu tidak lagi digunakan, bahkan sistim rekrutmennya-pun tidak lagi melibatkan pihak Unpati Ambon. 

"Artinya penerimaan siswa baru, tidak lagi menggunakan sistim yang benar, seperti yang selama ini digunakan. Bahkan penerimaan siswa baru tidak lagi 60 orang, namun sudah mencapai 100 orang lebih. Dan  itu juga dilaksanakan sesuai kebijakan pihak dinas Dikbud Maluku, karena panitianya berasal dari dinas,"ujar para guru yang enggan menyebutkan namanya tersebut. 

Sementara itu, kepala SMA Siwalima Ambon, Dra Paula Tahapary, MSi yang dikonfirmasi, Minggu (21/8/2016) membenarkan kebenaran informasi tersebut.

“Sejak berdirinya beberapa tahun lalu, SMA Siwalima hanya menerima siswa baru untuk kelas satu dari lulusan SMP terbaik dari kabupaten/kota se-Maluku. Itupun dibatasi hanya sebanyak 60 orang saja, namun saat ini sudah lebih dari 100 orang,”tegas Tahapary kepada media ini melalui telepon selulernya.       

Menurutnya, perubahan itu adalah kebijakan pihak dinas Dikbud provinsi Maluku. “Kami hanya menjalankan tugas, soal kebijakan tanya saja ke dinas Dikbud Maluku,”tambahnya.

Sementara itu kabid dikmen dinas dikbud Maluku, Meky Lohy saat akan dikonmirmasi media ini Jumat lalu, tidak berda di di kantornya, sedangan kasie SMA Nus Kesaulja juga sedang tugas keluar daerah.  (Via)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes