Senin, 05 September 2016

Kurang Pasokan, Harga Bawang di Ambon Meningkat




Lira Maluku News. Harga bawang putih dan bawang merah di pasar Mardika Ambon dalam hari-hari belakangan ini meningkat drastis, berakibat pada menurunnya daya beli masyarakat.

Seperti yang diungkapkan Ny Patikawa salah satu pengunjung pasar Mardika Ambon, “Harga bawang yang terus meningkat seperti ini, yang merasakan dampaknya langsung adalah para ibu rumah tangga, yang sehari-hari berbelanja di pasar,”ungkapnya.  

Harga bawang putih saat ini mencapai 40 ribu per-kilogram, sementara bawang merah mencapai 60 ribu rupiah per-kilogramnya.

Sejumlah pedagang bawang di pasar Mardika Ambon kepada media ini, Senin (5/9/2016) mengaku, terjadi fluktuasi harga bawang dalam beberapa bulan terakhir ini, baik itu bawang putih maupun bawang merah.

Menurut mereka, harga bawang putih ecereran di pasar saat ini mencapai 40 ribu per-kilogram, padahal harga normalnya dalam beberapa bulan terakhir antara 20 sampai 23 ribu per-kilogram, sementara bawang merah harga ecerannya saat ini mencapai 60 ribu per-kilogram, padahal harga normalnya antara 30 sampai 35 ribu perkilonya.

Kenaikan harga bawang tersebut, disebabkan karena kurangnya pasokan, baik bawang putih maupun bawang merah dari luar Ambon.  

Kami sangat mengharapkan adanya perhatian pemerintah kota Ambon, khususnya dinas perdagangan, terkait dengan masalah pasokan, sehingga harga bawang bisa kembali normal. (Via)


1 komentar:

Septiana Praditama mengatakan...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ekonomi. Ekonomi merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari untuk kebutuhan kehidupan sehari-hari. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai ekonomi yang dapat dilihat di Journal Ekonomi Bisnis

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes