Minggu, 23 Oktober 2016

Diduga “Makan” ADD Tifu-Bursel, Kajati Maluku Diminta Periksa Leskona




Lira Maluku News. Pejabat Kepala desa (Kades) Tifu, kecamatan Leksula, kabupaten Buru Selatan (Bursel), Joel Leskona,  diduga “makan” Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I  tahun 2016, untuk memperkaya diri sendiri.

Pasalnya, ADD senilai 411 juta rupiah lebih tersebut sudah dicairkan beberapa waktu lalu, namun hinggga saat ini tidak ada kegiatan pembangunan apa-apa di Desa Tifu tersebut.

Sebelumnya ADD tahun 2015 lalu, juga bernasib sama, pada hal informasi yang diterima semua itu sudah dicairkan tanpa ada hasil apa-apa bagi bagi Desa Tifu.

Padahal, tujuan utama pemerintah pusat (pempus) memberikan ADD tersebut, untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan warga desa.

Kepada media ini, Minggu pagi (23/10/2016) tiga warga Desa Tifu yang minta namanya tidak disebutkan menegaskan, mereka bersama warga Desa Tifu lainnya sampai saat ini masih bertanya-tanya tentang pemanfaatan ADD yang sudah dicairkan pejabat Kades Leskona beberapa waktu lalu.

Bahkan mereka mengaku,  sudah pernah bertanya perihal ADD tahap pertama tahun 2016 yang sudah dicairkan pejabat Kades tersebut kepada perangkat Desa Tifu, namun mereka mengaku tidak tau karena semua ditangani dan diatur sendiri oleh pejabat kades, Joel Keskona.

“Sudah menjadi rahasia umum, aksi pejabat kades, Joel Keskona tersebut karena mendapat dukungan dari anggota DPRD Bursel berinisial SL,”tegas mereka.

Seperti diketahui, Joel Leskona menjadi pejabat kades Tifu, pasca meninggalnya kades  definitive almarhum  Henky Behuku, tahun 2014 lalu.

Anehnya, “Leskona yang bukan berasal dari mata rumah parentah, saat ini mencalonkan diri sebagai calon kades Tifu periode baru, dan bisa diloloskan karena yang bersangkutan mendapat dukungan dari  anggota  DPRD Bursel beinisial SL tersebut,”jelasnya.

Karena itu mereka mendesak Kajati Maluku, untuk segera memeriksa pejabat Kades Tifu, Joel Leskona terkait ADD 2015 dan tahap I Tahun 2016 tersebut.  (Via)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes