Rabu, 09 November 2016

Dana Kampanye Calon Walikota – Wakil Walikota Ambon Maksimal 23 Milyar




Lira Maluku News. Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Ambon melakukan pembatasan terhadap besaran dana kampanye masing-masing pasangan calon (paslon) maksimal sebesar 23 Milyar lebih.

Sementara alat peraga kampanye seperti baliho, spanduk dan lain-lain yang dicetak KPU, akan diserahkan kepada paslon pada tanggal 25 Nopember 2016.

Disamping itu paslon bisa mencetak sendiri sebanyak 150 persen dari jumlah yang dicetak oleh KPU dan bahan kampanye sebanyak 100 persen dari jumlah kepala keluarga (kk) penduduk kota Ambon.

“Sesuai Surat Keputusan KPU kota Ambon yang berujuk pada  Peraturan nomor 12 tahun 2016 tentang pembatasan tersebut, karena itu untuk alat peraga kampanye selain dicetak oleh KPU, masing-masing paslon juga diperbolehkan mencetak sendiri sebanyak 150 persen dari jumlah yang dicetak oleh KPU.  Sedangkan untuk bahan kampanye, sebanyak 100 persen dari jumlah Kepala Keluarga penduduk kota Ambon,”tegas ketua pokja divisi teknis kampanye KPU kota Ambon, Khalil Tianotak, SE kepada media ini.

Terkait itu, paslon wajib lebih dulu harus mengajukan pemintaan untuk mendapat persetujuan KPU kota Ambon melalui surat. 

“Jadi ada batas maksimal yang bisa dicetak oleh paslon, namun jika paslon tidak mencetak sebanyak itu, mereka juga harus menjelaskan dalam surat tersebut, setelah itu barulah KPU memberikan persetujuan,”jelas Tianotak.

Jadi, sesuai SK KPU kota Ambon tersebut kata Tianotak, “Baliho yang dicetak KPU hanya sebanyak lima buah untuk masing-masing paslon, sementara paslon diperboleh mencetak tambahan delapan buah, umbul-umbul oleh KPU 20 per kecamatan, paslon bisa cetak 30 buah, spanduk oleh KPU dua buah per-desa, paslon bisa cetak tambahan tiga buah,”tambahnya. (Hen)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes