Kamis, 15 Desember 2016

JMP Akan Dilengkapi Kantor Pemantauan dan Pemeliharaan




Lira Maluku News.  Jembatan Merah Putih (JMP) Ambon,  akan dilengkapi sejumalh peralatan/fasilitas pemantau dan pengamanan jembatan serta kantor pemantauan dan pemeliharaan.

Terkait hal itu, sejumlah peralatan saat ini sedang dipasang pada sejumlah titik yang dianggap rawan di kedua sisi jembatan penyeberangan terpanjang di Indonesia timur tersebut.

Kepala Satker JMP, Stanley Tuapatinaya kepada media ini, Kamis (15/12/2016) mengatakan, fasilitas tersebut, diantaranya lampu dan sejumlah peralatan untuk mengukur kecepatan angin dan kekuatan gempa, disamping itu juga CCTV, yang semuanya bertujuan untuk pantau kondisi kesehatan jembatan tersebut.   

Menurutnya, peralatan tersebut akan dihubungkan dengan kantor Pemantauan dan Pemeliharaan JMP yang kini sedang dibangun di lokasi pantai Pandan Kasturi, tepatnya diantara JMP dan proyek pembangunan rumah sakit Siloam Ambon.

“Jadi, kabel-kabel semua peralatan tersebut dihubungkan ke kantor pemantau JMP, yang kini sedang dibangun di lokasi pantai Pandan Kasturi, tepatnya disamping JMP tersebut,”ungkapnya.

Khusus untuk lampu kata Tuapatinaya, pemasangannya telah selesai dilakukan dan kini sudah dinyalakan pada malam hari untuk uji coba.

“Lampu-lampu tersebut, saat ini masih menggunakan Genset, namun untuk kedepan kami sudah kordinasi dengan pihak PLN, mengingat daya yang dibutuhkan untuk operasional lampu dan peralatan lain termasuk kantor mencapai 25 sampai 33 ribu,”tegas Tuapatinaya.  

Pembangunan gedung kantor pemantauan dan pemeliharaan JMP yang dijadwalkan akan selesai awal tahun 2017 mendatang, sehingga diharapkan semua peralatan tersebut akan berfungsi dengan baik, demi keamanaan jembatan penyeberangan tersebut.

Areal kantor berlantai dua tersebut, akan dilengkapi ruang terbuka hijau, jogging club serta diorama JMP yang bisa dikunjungi masyarakat luas.

“Diorama yang berlokasi dilantai satu gedung tersebut, berisikan sejarah pembangunan JMP secara keseluruhan, terbuka untuk umum khususnya sebagai edukasi bagi siswa sekolah di kota Ambon,”tambahnya.    (*/Hen)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes