Minggu, 08 Januari 2017

Anak Jalanan Hiasi Wajah Kota Ambon




Lira Maluku News. Wajah Kota Ambon belakangan ini mulai dihiasi dengan sejumlah penyandang masalah sosial, yang terlihat di sejumlah kawasan dan ruas jalan utama di dalam kota.

Mereka diantaranya anak jalanan yang berumur antar delapan sampai sebelas tahun, hilir mudik meminta belas kasihan dari siapapun yang dijumpai. Bahkan ada diantara mereka tidak punya tempat tinggal yang tetap, sehingga untuk beristirahat tidurpun mereka memanfaatkan emperan toko.

Anehnya, kerberadaan mereka tidak terpantau oleh pemerintah kota (pemkot) Ambon cq dinas Sosial, yang oleh negara diberikan tanggung jawab untuk menangani masalah-masalah seperti itu.

Pantauan media ini, Minggu (8/1/2016) siang  tepatnya pada pukul 11.30 wit,  terlihat anak yang diperkiran berusia sekitar  sembilan tahun masih terlelap pada salah satu emperan toko di ruas jalan Y.Patty. Pemandangan ini sangat miris, karena anak tersebut terlihat lusuh, kumuh,kurus dan  tidak terurus.

Sejumlah warga sekitar yang ditemui media ini mengatakan, setiap hari emperan  toko sekitar di kawasan dan ruas jalan  A.Y.Patty  menjadi tempat berkumpul  dan istirahat anak-anak jalanan tersebut.

Bukan hanya satu orang saja, tetapi ada kalanya bisa lima sampai enamorang yang biasanya bermalam dan tidur disini. Di siang hari seperti ini, hanya terlihat satu orang yang lagi tertidur, namun kalau datang agak pagi, biasanya terlihat ada beberapa anak yang berjajar tidur di emperan toko disin “ ujar mereka.

Pemandangan yang semestinya tidak boleh terjadi, jika Pemerintah Kota Ambon c.q Dinas Sosial memperhatikan anak-anak ini, sebab bagaimanapun juga mereka itu juga adalah manusia, terlepas dari mana mereka berasal, suku mana, agama apa, tapi karena mereka membutuhkan kesetia kawanan sosial, maka Pemerintah secepatnya harus turun tangan.

“Yang kami tau, pemerintah telah menganggarkan sejumah dana melalui dinas social, untuk penangan masalah sosial tersebut. Namun jika terjadi seperti ini, dana-dana itu perlu dipertanyakan,”tambah warga lainnya.

Terkait itu, pejabat Walikota Ambon diminta untuk perintahkan kepala dinas Sosial beserta jajarannya  segera inventarisir dan selesaikan masalah anak-anak jalanan tersbut, untuk kemudian tempatkan mereka pada panti2 asuhan yang tersedia, sehingga mereka tidak lagi berkeliaran di jalanan. (*)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes