Selasa, 24 Januari 2017

Bakir Lumbessy Siap Canangkan Program "Kampung Terang"




Namlea, Lira Maluku News. Kandidat kuat Bupati Buru periode 2017 - 2022, Bakir Lumbessy siap mencanangkan program penerangan kampung atau "Kampung Terang", terutama desa dan dusun yang hingga saat belum ada penerangan listrik PLN.

“Setelah terpilih dan dilantik di tahun 2017 ini, saya dan pasangan saya Amrullah Madani Hentihu akan mencanangkan program penerangan kampung atau "Kampung Terang", meliputi desa dan dusun-dusun yang hingga kini belum ada penerangan listrik PLN,”ungkap Lumbessy kepada media ini,  Selasa (24/1/2017).

Menurut Lumbessy, pencanangan penerangan kampung itu wajib dilakukankan, karena sampai saat ini  masih banyak warga Buru belum bisa menikmati listrik PLN.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Lumbessy mengaku sudah bertemu dan berdiskusi dengan tim yang menangani program listrik desa di pulau-pulau di wilayah di kabupaten Maluku Tenggara,Kepulauan  Aru, Maluku Tenggara Barat (MTB) dan kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).
"Jadi kita akan mengadopsi cara seperti ini,"tegasnya.

Sebelumnya saat melakukan kampanye Senin lalu, paslon  BARU (Bakir – Rully), mendatangi sejumlah dusun di kawasan dataran tinggi pada kecamatan Waelata, keduanya fokus mensosialisasikan berbagai program kerjanya, khususnya program dana pembangunan Rp.1 milyar sampai Rp.3 milyar per desa pertahun.

Terkait program tersebut, bertempat di desa Waehata, paslon BARU menanda-tangani kontrak politik dengan tokoh masyarakat  setempat.

“Pada setiap dusun, RT/RW dan pemangku adat juga akan diakomodir dana kinerja minimal Rp.50 juta pada setiap dusun, di setiap RT/RW dan di setiap pemangku adat. Dan itu akan diperdakan setelah kami dilantik, sehingga dapat memberikan kepastian hukum,"ujar Lumbessy.

Selain itu, “Kami juga akan mencanangkan program penerangan seantero kabupaten mulai thn 2017. Jadi seluruh dusun yang belum ada listrik PLN, akan ditopang dengan penerangan listrik yang disubsidi pemerintah,”tambahnya.

Sementara itu, Amrullah Rully Madani Hentihu pada kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih dan penghargaan karena sudah diterima dengan baik didesa Waehata, dusun Walamlako dan beberapa dusun lain.

Dirinya berharap, agar hubungan kai wai yang telah terbina selama ini, terus dijaga dan dibina diwaktu mendatang.

Sedangkan tokoh masyarakat dataran tinggi, Matatemon Nurlatu,mengajak warganya membentuk satu barisan untuk memenangkan paslon BARU saat pilkada 15 Pebruari 2017 mendatang. (**)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes