Selasa, 14 Februari 2017

Jelang Hari Pemilihan, Ketua PKK Namlea Diketahui Lakukan Kecurangan




Namlea, Lira Maluku News.   Ketua PPK Namlea, Asnawi Syam diduga telah melakukan kecurangan dengan meloloskan dan menempatkan KPPS yang tidak memenuhi sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016.

Dugaan kecurangan tersebut terungkap, dalam pertemuan KPU dengan tim paslon BARU yang menjambangi kantor KPU, Senin sore (13/2/2017), menyusul terjadinya carut marut penempatan TPS di kota Namlea dan distribusi undangan ke tangan pemilih.

Dalam pertemuan yang dipimpin komisioner KPU Rifai Mujid serta dihadiri PPK Namlea tersebut, ketua tim Pemenangan paslon BARU Kota Namlea, Abidin Kabau dan kuasa hukum paslon BARU, Sarpudin Pagu SH, secara resmi menyampaikan keberatan tertulis ke KPU dan juga panwaslu atas dugaan kecurangan yang dilakukan PPK Namlea dalam perekrutan KPPS.

Dugaan kecurangan tersebut, diantaranya penempatan KPPS di 37 TPS dalam kota Namlea, 11 diantaranya tanpa melalui seleksi sesuai ketentuan Undang-undang  No 10 tahun 2016.

Disamping itu, penempatan sejumlah KPPS yang tak memiliki ijazah dan terindikasi menjadi pendukung paslon tertentu.

Saat komisioner KPU, Rifai Mujid yang memimpin jalannya pertemuan tersebut meminta PPK Namlea untuk memperlihatkan bukti administrasi seleksi KPPS, anehnya  hal itu tidak bisa diperlihatkan bahkan sebaliknya ketua PPK Asnawi Syamyang berdalih, KPPS tersebut diloloskan atas kebijakan dirinya.

Langkah ketua PPK Namlea tersebut dinilai sebagai bentuk pelanggaran hukum dan pelanggaran kode etik, sehingga layak diberhentikandan KPU dimintakan mengambil alih tanggungjawab PPK Namlea mengingat pencoblosan hanya tinggal dua hari lagi. (**)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes