Selasa, 21 Februari 2017

Kualitas SMA di Maluku Tak Ada Kemajuan Selama Ini




Ambon, Lira Maluku News. Kepala bidang SMA pada Dinas Pendidikan provinsi Maluku, Nus Kesaulja mengatakan, dari hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya pada SMA di kota Ambon maupun pulau Ambon, disimpulkan kualitas pembelajaran pada sekolah-sekolah tersebut tidak ada kemajuan atau perobahan selama ini.

Dan dari gambaran kondisi SMA di kota Ambon dan Pulau Ambon tersebut, dapat disimpulkan hal yang sama juga terjadi pada kabupaten lain se-Maluku.

“Jadi kami telah melakukan evaluasi terhadap nilai Ujian Nasional (UN). Misalnya, tahun tertentu sekolah tersebut mendapat nilai enam, nilai enam itu akan terus di  tahun selanjutnya, bahkan ada juga yang turun sampai nilai tiga maupun dua,” tegas  Kesaulja kepada media ini, Selasa (21/2/2017).

Dia mencontohkan, “Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, ditahun 2014 nilainya lima, namun di tahun 2015/2016 mengalami penurunan sampai tiga maupun dua,”jelasnya.

Menurut Kesaulja, dari hasil evaluasi dan identifikasi tersebut, diketahui selama ini pihak sekolah tidak pernah melakukan evaluasi.

“Artinya, setelah pembelajaran selama enam bulan, pihak sekolah tidak pernah mengevaluasi progress sebelumnya,”ujarnya.

Dari apa yang telah dilakukan pihaknya, Dia berkesimpulan,s hanya satu-dua sekolah saja yang melakukan evaluasi, selebihnya tidak ada. Belum lagi identifikasi ke dalam, diketahui ada guru yang kurang  profesional.

Terkait masalah tersebut, menurut Kesaulja, pihaknya telah menyiapkan dua langkah prioritas jangka pendek, yakni sekolah perlu dilakukan evalusi pembelajaran secara keseluruhan dan memfungsikan pengawas.

“Pengawas akan menjadi Pembina mata pelajaran pada sekolah-sekolah tertendu sesuai pembagian job-nya, termasuk melakukan pembinaan pada kehadiran guru, mana guru yang malas dan sebagai,”tambah Kesaulja.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes