Minggu, 26 Februari 2017

Menyusul Dugaan Pelanggaran Pilkada Buru, BARU ke MK, PTUN dan DKPP




Namlea, Lira Maluku News. Paslon Bupati – wakil Bupati Buru, Bakir Lumbessy - Amrullah Madani Hentihu (BARU), akan melakukan perlawanan hukum ke Mahkamah Konstitusi (MK), Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan DKPP menyusul dugaan terjadinya pelanggaran pilkada Kabupaten Buru, yang dilakukan secara Terstruktur, Sistimatis dan Masif (TSM).

Hal itu diungkapkan Solihin Buton, saksi paslon BARU usai menerima rekomendasi Panwaslu Buru atas laporan paslon BARU, di kantor Panwaslu, Jln Pilar- Namlea, Sabtu sore (25/2/2017).

Solihin yang juga anggota DPRD Buru ini mengaku tak puas atas rekomendasi Panwaslu Buru yang dinilainya mengambang.

Pasalnya,l aporan paslon BARU perihal pelanggaran pilkada yang terkait dengan pelanggaran etik, pelanggaran administrasi dan pelanggaran pidana pilkada, tak digubris oleh Panwaslu.

Atas berbagai dugaan pelanggaran TSM tersebut, Solihin dan kawan-kawan meminta dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Anehnya, kendati adanya dugaan TSM tersebut, rekomendasi Panwaslu Buru hanya meminta KPU memecat PPK, PPS dan KPPS bermasalah, serta meminta KPU Maluku menegur keras KPU Buru.

"Kita sudah meminta klarifikasi ke Ketua Panwaslu, tapi tak ditanggapi,"tegas Solihin yang mengaku heran.

Untuk itu dirinya mengaku,  pihaknya akan lakukan perlawanan hukum ke MK untuk membuktikan pelanggaran secara TSM, ke PTUN untuk sengketa dan pelanggaran administrasi dan juga ke DKPP untuk melaporkan KPU Buru dan Panwaslu Buru.

“Kami juga akan melakukan upaya hukum lainnya terkait dengan dugaan pelanggaran pidana,"tambah Solihin.

Sementara itu, salah satu anggota tim kuasa hukum BARU, Suhardi SH menilai, adanya persekongkolan yang rapih guna menutupi dugaan TSM di pilkada Buru.

“Beberapa contoh kasus yang terkait dengan pelanggaran administrasi, etika dan pidana pilkada, yang disengajakan,”ujarnya.  (**)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes