Rabu, 01 Februari 2017

Pelantikannya Dibatalkan Mendagri, Kadis PU SBB Masih Cairkan Dana



Tuharea : Sudah Sesuai Aturan, Kewenangannya Sebagai PLT


Ambon, Lira Maluku News. Kendati Mendagri sudah membatalkan pelantikan pejabat eselon 2 yang dilakukan pejabat Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Drs Ujir Halid Nopember 2016 lalu, ternyata ada sejumlah kepala Dinas (kadis) yang berupaya cairkan/keluarkan dana operasionalnya.

Sebut saja kadis Pekerjaan Umum (PU), Ir Thomas Watimena, Januari lalu mengeluarkan dana operasional sebesar 800 juta rupiah, untuk kepentingan yang tidak jelas.

Sumber Media ini di Dinas PU SBB menyebutkan,” Dana opersional 800 juta rupiah itu tidak tau dikeluarkan untuk kepentingan apa.  Yang kami tau, bahwa pasca pembatalan oleh Mendagri awal  Januari lalu, berarti kewenangannya sebagai kadis sudah tidak ada, namun kenapa dana operasional tersebut bisa dicairkan/dikeluarkan  ?,” ujar sumber yang minta namanya tidak disebutkan tersebut.  

Sementara itu, ketika hal tersebut dikonfrmasikan kepada Sekda SBB, Mansur Tuharea melalui telpon selulernya, 
Rabu (1/2/2017), dirinya menyebutkan, hal itu sah-sah saja, karena pasca pembatalan pelantikan tersebut, semua pejabat eselon 2 tersebut di Plt kan.

“Sebagai Plt, mereka tidak perlu dilantik, hanya diberikan SK  Plt saja. Jadi apa yang dilakukan itu sudah sesuai aturan, yakni kewenangannya sebagai Plt,”tegas Tuharea.

Alasannya cukup jelas kata Tuharea, agar tidak tejadi kekosongan kepemimpinan di instansi/dinas yang bersangkutan."Bagaimanapun roda pemerintahan di SBB tetap harus jalan, termasuk aktivitas di dinas-dinas tersebut,"tambahnya.

Sumber lain di pemkab SBB menyebutkan, pasca pembatalan pelantikan  oleh Mendagri, hingga saat ini pejabat-pejabat tersebut belum menerima SK Plt. (Hen)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes