Selasa, 20 Juni 2017

SK Mendagri Pengangkatan Payapo-Akerina Digugat di PTUN Jakarta




Lira Maluku News. Paslon Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Drs Samuel Putileihalat, melalui kuasa hukumnya Samuel Sapasuru, SH, Selasa (20/6/2017) mendaftar gugatan terhadap Menteri Dalam 
Negeri (Mendagri) RI di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Objek gugatan tersebut, adalah SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Nomor : 131.81.3100 Tahun 2017, tentang pengangkatan Drs M Yasin Payapo sebagai Bupati Seram Bagian Barat (SBB) dan SK Nomor : 132.81.3101 tentang pengangkatan Timotius Akerina, SE, M.Si sebagai Wakil Bupati SBB untuk masa jabatan 2017 – 2022.

Usai mendaftar gugatan di PTUN Jakarta, Samuel Sapasuru kepada media ini melalui telpon selulernya mengatakan, kendati SK Mendagri tersebut bersifat final, namun dinilai cacat yuridis.

“Misalnya, berdasarkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Masohi Nomor : 184/Tid.D/2016/PN.Msh, tanggal 13 Januari 2017, mereka telah ditetapkan sebagai terpidana, karena terbukti melakukan pelanggaran pidana dalam kampanye, sehingga mereka tidak dibolehkan ikut serta dalam pilkada Bupati SBB tahun 2017 lalu,”tegasnya.  

Disamping itu kata Sapasuru,  ada sejumlah pelanggaran lain yang melatar-belakangi gugatan tersebut, termasuk ketentuan pasal 7 ayat 2 huruf k Undang-undang nomor 10 tahun 2016.

Karena objek sengketa tersebut, jelas-jelas bertentangan dengan peraturan perundang-undangan dan asas-asas umum pemerintahan yang baik, maka objek sengketa tersebut harus dibatalkan dan dinyatakan tidak sah.

“Karena objek sengketa tersebut jelas-jelas bertentangan dengan perundang-undangan yang berlaku, maka objek tersebut harus dibatalkan dan dinyatakan tidak sah,”tambah Sapasuru.

Sapasuru yakin, dengan bukti-bukti yang dimiliki, gugatan tersebut akan dikabulkan hakim PTUN Jakarta.

Gugatan PTUN dengan nomor 130/G/2017 tersebut, setebal 14 halaman diterima oleh panitera PTUN Jakarta, Didik Hari Wasito, SH.MH.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes