Rabu, 12 Juli 2017

Kesaulja : Semua SMA Sama, Tak Ada Sekolah Favorite



Penerimaan Siswa Baru Sesuai Zona dan Kapasitas Ruang Belajar


Lira Maluku News. Keinginan para orang tua untuk menyekolahkan anaknya pada sejumlah SMA yang mereka anggap sebagai SMA favorite di kota Ambon, semisal SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 11 Ambon, berakibat terjadinya kekurangan murid pada sejumlah SMA swasta di kota ini.

Kepala bidang SMA, dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) provinsi Maluku, Nus Kesaulja kepada media ini melalui telepon selulernya, Rabu (12/7/2017) menegaskan, sebetulnya semua SMA negeri itu sama, hanya masyarakat saja yang menciptakan dan membesarka hal itu, seakan-akan ada SMA favorite dan SMA yang tidak favorite.

Untuk nenanggapi hal tersebut, menurut Kesaulja, pihaknya menempuh kebijakan untuk membatasi penerimaan siswa baru pada SMA tersebut, sesuai jumlah kelas dan kapasitasnya, termasuk memberlakukan sistim Zona.

“Kami sudah panggil para kepala sekolah dan meminta mereka untuk memberlakukan sistim zona termasuk melakukan penerimaan siswa baru sesui dengan kemampuan ruang belajar yang ada. Jadi tidak boleh melebihi daya tamping atau kapasitas  ruang belajar yang dimiliki,”tegasnya

Kebijakan itu kata Kesaulja, bertabrakan dengan keinginan orang tua yang tak menginginkan atau tak mau anaknya masuk di sekolah lain. “Pihak sekolah jadi serba salah, sebab jika tidak terima, akan bertentangan dengan HAM, namun jika menerima siswa baru melebihi daya tampung yang ada, mereka juga akan dikenai sanksi,”ujarnya.

Menurutnya, untuk semua SMA negeri di wajibkan membatasi penerimaan siswa baru sebanyak 36 orang siswa, sesuai dengan daya tampung ruang belajarnya dan tidak boleh melebihi itu.

Kesaulja mengaku, pihaknya juga melakukan monitoring penerimaan siswa baru di SMA swasta, dan hasilnya sekolah swasta juga memperoleh siswa baru dengan sesuai dengan daya tamping/kapasitas ruang belajar yang mereka miliki.  

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes