Kamis, 02 November 2017

16 SMK di Maluku Dapat Bantuan Ruang Praktek, Peralatan dan Kapal Latih




Lira Maluku News. 16 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Maluku, dalam tahun 2017 mendapat bantuan dana pendidikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan.

Kepala bidang SMK dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) provinsi Maluku, Gatot Sihabbudin kepada media ini, Kamis (2/11/2017) mengatakan, DAK ini berbeda dari DAK Reguler dan DAK Afermasi.

Menurutnya, bantuan DAK Penugasan itu peruntukannya sangat terbatas, karena hanya untuk empat program galian, yakni Kemaritiman, Agrobisnis dan Tanaman Pangan, Pertanian dan Pariwisata.

Dikatakan, dari 113 SMK se- Maluku yang diusulkan pihaknya ke Kementrian Dikbud, hanya 16 SMK yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut, tersebar pada delapan kabupaten se-Maluku.

“Memang kami usulkan 113 SMK se-Maluku, namun seteleh diverifikasi Kementrian Dikbud, yang memenuhi syarat hanya 16 SMK, dengan ketentuan SMK yang program galian minimal memiliki 108 siswa,”tegas Sihabbudin.

Bantuan tersebut kata Dia, diantaranya pembangunan ruang praktek siswa untuk 16 sekolah, dengan total nilainya mencapai 13 Milyar.

Disamping itu, bantuan peralatan untuk empat program galian, berdasarkan kebutuhan sekolah yang pengadaannya atau dibeli melalui E-katalok.

“Namun untuk peralatan yang tidak tersedia di E-katalok, dibeli pihak sekolah melalui pihak ketiga atau dilelang terbuka,”jelasnya.

Selain itu tambah Sihabbudin, ada juga bantuan empat unit kapal latih bagi SMK Kemaritiman/Kelautan, yakni  SMK Neg 2 Buru, SMK Neg  Tanimbar Selatan, SMK Neg 1 SBB dan SMK Neg SBT.

Dimaksudkan, dengan bantuan kapal latih tersebut ujar Sihabbudin, siswa di SMK tersebut dapat langsung melakukan praktek kerja di kapal latih tersebut, sesuai program studi kelautan.

Bantuan-bantuan tersebut, diharapkan rampung seluruhnya 15 Desember 2017 mendatang, sekaligus dapat dimanfaatkan pihak sekolah.

Sihabbudin mengaku, pihaknya sangat berharap di tahun 2018 mendatang bisa diperoleh bantuan DAK regular selain DAk penugasan tersebut, mengingat SMK di Maluku sangat membutuhkan bantuan seperti itu.    

“Sebab, melalui bantuan seperti itu, SMK di Maluku akan semakin maju dan lebih baik, karena rohnya SMK itu ada di keahlian dan produktifitas,”tambahnya.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes