Senin, 08 Januari 2018

UN 2018 Dijadwalkan April, Namun Panitia Tingkat Provinsi Belum Terbentuk


Dinas Dikbud Provinsi Maluku, Terkesan Tak Siap


Lira Maluku News. Kendati Ujian Nasional (UN) akan berlangsung bulan April 2018 mendatang, namun dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) provinsi Maluku belum melakukan persiapan apa-apa seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Sebut saja, belum adanya panita UN tingkat provinsi Maluku, bahkan rapat koordinasi (rakor) persiapan yang sedianya sudah dilakukan, sampai minggu kedua Januari 2018 ini, belum juga dilaksanakan.

Sumber media ini di Dinas Dikbud promal, Senin (8/1/2018) menyebutkan, pada UN tahun-tahun sebelumnya, biasanya panitia UN tingkat provinsi Maluku itu sudah dibentuk sejak bulan Desember tahun sebelumnya.

Begitu juga dengan berbagai persiapan lain terkait itu sudah dilakukan, diantaranya rapat koordinasi kepala-kepala sekolah juga sudah dilaksanakan sejak bulan Desember atau awal Januari.

Anehnya, sudah minggu kedua Januari 2018 ini, semua persiapan UN yang sedianya berlangsung bulan April 2018 mendatang, belum satupun nampak atau dilaksanakan.

Hal itu membuktikan kalau pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Maluku terkesan tak siap untuk melaksanakan Ujian Nasional tersebut.

Padahal sesuai jadwal yang ditetapkan Kementrian Pendidikan di Jakarta, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), akan berlangsung tgl 2 sampai 5 April, sementara jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan MA sederajat, berlangsung tanggal 9 sampai 12 April 2018 mendatang.

Sedangkan UNBK susulan, akan  berlangsung 17 dan 18 April, sedangkan Ujian Nasional manual kertas/pensil untuk jenjang SMP/Mts berlangsung tgl 25 dan 26 April, jenjang SMK maupunSMA /MA atau sederajat berlangsung awal April 2018 mendatang.

Khusus untuk Ujian Sekolah  tahun 2018 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni akan dilaksanakan setelah Ujian Nasional atau sesudah bulan April.        

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes