Minggu, 18 Maret 2018

SMA Se-Maluku, Senin Besok Gelar USBN


Lira Maluku News. SMA se Maluku telah siap untuk melaksanakan Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) Senin, (19/3/2018) besok.

Kepala bidang SMA, dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) provinsi Maluku, Nus Kesaulja  mengatakan, soal-soal USBN tersebut saat ini telah berada di semua satuan pendidikan tersebut.

“Jadi mengacu pada ketentuan penyusunan soal 75 persen - 25 persen, sehingga SMA se provinsi Maluku telah siap untuk melaksanakan USBN tersebut,”tegas Kesaulja kepada media ini melalui telepon selulernya, Minggu (18/3/2018).

Terkait itu kata Kesaulja, sudah ada kesepakatan bahwa penggandaan soal dilakukan dilakukan secara bersama-sama pihak sekolah dan MKKS maupun oleh pihak sekolah sendiri.

“Termasuk kesepakatan untuk menjaga integritas atau kerahasiaan soal-soal USBN tersebut saat penggadaan soal yang sudah berada ditangan mereka,”ujarnya.

Sementara  itu terkait dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) setelah itu, Kesaulja mengaku hanya diikuti oleh sekolah-sekolah yang  telah terdaftar dan telah melakukan persiapan, dalam hal ini telah memiliki perangkat komputer.

“Jadi untuk provinsi Maluku, hanya 75 SMA/MA yang melaksnakan UNBK, sebagian besar terdapat di kota Ambon,”tambah Kesaulja.

Ada juga sejumlah SMA di kota Ambon dalam tahun 2018 ini belum melaksanakan UNBK, karena persiapan komputernya belum mencukupi. “Diantaranya SMA Negeri 2 Ambon, SMA Pertiwi dan SMA PGRI Ambon,”katanya.

Terkait itu kata Kesaulja, Kemendikbud melalui Direktorat SMA, dalam tahun 2018 ini melakukan pengadaan 800 paket komputer untuk dibagikan ke SMA, termasuk ada juga swadaya dari sekolah-sekolah yang ada, sehingga diharapakan sesuai target pemerintah tahun 2020 mendatang, semua sekolah sudah melaksanakan UNBK.  

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes