Kamis, 06 September 2018

Dana Desa/ADD Kabupaten Aru Thn 2016 Senilai 40,2 M, Diduga Amburadul


Sariwating Desak Kejaksaan Lakukan Pulbaket Pihak Terkait


Lira Maluku News.   Keinginan pemerintah untuk membangun daerah pedesaan, melalui program pemberian Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) kepada semua Desa, patut disambut dengan gembira, karena melalui program tersebut, diharapkan akan bertumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru, yang pada ujungnya membawa dampak positif bagi perekonomian di pedesaan.

Selama tiga tahun dana triliun rupiah yang di kucurkan tersebut, telah berdampak pada kemajuan di pedesaan, namun tidak dapat disangkal bahwa tidak sedikit pula dari Desa-desa yang gagal dalam memanfaatkan dana tersebut.

Satu faktor kegagalan pemanfaatan dana-dana tersebut, adalah praktek pemakaian dana yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

Terbukti, ada sejumlah kepala desa/perangkat desa yang harus berurusan dengan hukum karena  menyalahgunakan dana tersebut. Bahkan tidak sedikit pula yang sudah dipenjarakan akibat melakukan korupsi dana tersebut.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Aru, seuai data yang diperoleh LSM  LIRA Maluku, di tahun 2016 lalu,  pemerintah kabupaten (pemkab) Aru merealisir Dana Desa sebesar Rp. 65,6 Miliar, sedangkan ADD sebesar Rp.30,8 Miliar, yang dibagikan kepada 117 desa.

Direktur LSM LIRA Maluku, Jan Sariwating kepada media ini mengatakan, berdasarkan data yang himpun pihaknya, dari jumlah keseluruhan dana yang telah disalurkan sebesar Rp. 96,4 Miliar, hanya Rp. 56, 2 Miliar atau 59 % yang sudah dipertanggung jawabkan, sedangkan sisanya Rp. 40,2 Miliar atau 41 % sampai saat ini belum dipertanggung jawabkan. Kuat dugaan dana tersebut telah disalah-gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kuat dugaan, dana-dana tersebut telah disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertangjawab, untuk memperkaya diri,”ujarnya.

Menurut Sariwating, kasus seperti ini harus mendapat perhatian dari aparat Kejaksaan di Maluku, untuk melakukan pulbaket dari pihak terkait.

“Jika dari hasil pulbaket ternyata telah terjadi penyalah gunaan kekuasaan yang berakibat adanya kerugian negara, maka kasus seperti ini harus di proses secara hukum,”tambahnya.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes