Senin, 03 September 2018

Diduga 700 Pegawai Tata Usaha tak Terima TKD Setahun Lebih


Pasca Penyerahan ke Provinsi, Hak ASN SMA/SMK Terabaikan


Lira Maluku News. Pasca penyerahan dari kabupaten/kota ke provinsi, hak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditempatkan/ditugaskan di SMA dan SMK se-Maluku, makin tak jelas dan terabaikan.

Diduga ada 700-an ASN provinsi Maluku yang bertugas sebagai tenaga tata usaha SMA/SMK se-Maluku, sejak penyerahan Januari 2017 lalu sampai saat ini, tidak pernah menerima Tunjangan Kinerja Daerah (TKD).

Padahal status mereka sama dengan ASN lain di provinsi Maluku, termasuk dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) provinsi Maluku.   

Anehnya, selama ini pegawai dinas Dikbud Maluku setiap bulannya menerima TKD, sedangkan mereka tidak.

Bukan cuma itu, uang rapel kenaikan gaji berkala (KGB) yang selama ini mereka terima, selama setahun lebih pasca penyerahan tersebut, makin tak jelas.  

“Rapel dari kenaikan gaji berkala, selama setahun lebih pasca penyerahan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi makin tidak jelas, bahkan ada yang belum diterima rapel hingga saat ini. 
Tidak tau, apa kesalahan kami, padahal kewajiban sudah kami laksanakan,”ungkap sejumlah kepala SMA dan SMK kepada media ini, Senin (3/9/2018).

Bukan cuma itu kata mereka, semua urusan yang terkait dengan hak mereka sebagai ASN, juga menjadi terbengkalai dan semakin tak jelas.

“Status kami sama dengan ASN lainnya, termasuk ASN dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Maluku, tetapi apa yang menjadi hak kami sebagai pegawai, tidak diperhatikan. 
Padahal teman-teman kami di provinsi lain tidak seperti ini. Nah jika seperti ini, pendidikan di provinsi Maluku mau dikemanakan ?,”tambah mereka.

Terkait masalah itu, Kepala BKD Setda Maluku, Femy Sahetapy mengatakan, ada sejumlah faktor ikut mempengaruhi pemberian TKD tersebut, diantaranya daftar hadir/absensi.

Khusus TKD untuk tenaga tata usaha di SMA/SMK, Sahetapy mengaku, setau dirinya hal itu tidak pernah diusulkan oleh pihak dinas Dikbud Maluku.   

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes