Rabu, 03 Oktober 2018

LIRA Maluku Lapor 2 Kasus Yang Mandek Ke Mabes Polri



Lira Maluku News.  Penyelidikan atas sejumlah kasus korupsi yang saat ini sedang ditangani Polda Maluku maupun Polres terasa mulai hambar.

Kasus yang awalnya ditangani secara serius dan menggebu-gebu, bahkan tidak luput dari tindakan penyitaan di Tempat Kejadian Perkara (TKP), namun seiring dengan perjalanan waktu, mulai mengendur, seakan tidak ada lagi niat untuk menuntaskan kasus tersebut.

Lihat saja kasus dugaan korupsi SPPD fiktif dan uang makan minum tahun 2015 - 2017 pada sekertariat Pemda Buru.  Kendati beberapa pejabat sudah dipanggil untuk di periksa  termasuk Sekda Buru, Drs  Ahmad Assagaf, namun perlahan kasusnya mulai tenggelam.

Yang kedua adalah kasus penyerobotan lahan yang dilakukan oleh PLN, yang sudah dilaporkan beberapa bulan lalu ke Polres Buru, namun lagi- lagi tidak jelas penanganannya.

Anehnya, untuk mendapatkan progres dari perkembangan penyelidikan kasus tersebut sangat sulit, tidak tahu pihak mana yang perlu untuk di hubungi.

Direktur LSM LIRA Maluku, Jan Sariwating  kepada media ini, Rabu (3/10/2018) mengatakan, karena cara kerja yang lamban, serta khawatir kasus-kasus tersebut akan hilang, maka kasus-kasus tersebut sudah dilaporkan ke Mabes Polri, Senin 01 Oktober 2018 lalu.

“Karena khawatir kasus-kasus tersebut akan hilang, maka kami laporkan langsung kasus-kasus tersebut  ke Mabes Polri,”tegas Sariwating.

Menurutnya, laporan yang ditulis tangan tersebut diterima oleh Kasubbag Yanduan Bag Anev Ro Pid, Kompol Agus Priyanto.

“Saat menerima laporan kami tersebut, Kompol Agus berjanji akan meneruskan laporan tersebut ke Biro Pengawasan Penyidikan ( Wasidik ) Mabes Polri untuk dipelajari dan di tindak lanjuti.  Bahkan menurut kompol Agus, hasilnya akan diberitahukan/diinformasikan kepada kami nantinya,”ujarnya.

Selain itu kata Sariwating, “Kompol Agus  juga mengatakan, bila dalam dua  minggu kedepan tidak ada tanda-tanda bahwa kasus-kasus tersebut akan di proses dengan benar oleh penyidik, maka kepada kami disarankan untuk membuat laporan resmi secara detail kepada Kapolri dan kami sudah siap dengan laporan tersebut,”tambahnya.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes