Selasa, 11 Desember 2018

Dokumen Amdal Bandara John Baker Dikembalikan Guna Perbaikan


Lira Maluku News. Selama tahun tahun 2018, kantor Lingkungan Hidup provinsi Maluku sudah membahas 25 dokumen Amdal, terdiri dari dokumen Amdal, adendum dokumen Amdal dan dokumen UPK-UPL.

Kepala bidang Amdal, Drs Roy C Siauta, M.Si kepada media ini, Selasa (11/12/2018) mengatakan, proses  pembahasan ini berlangsung 3 kali untuk kerangka acuan tingkat tim teknis, kemudian dokumen Amdal RKL-UPL untuk tingkat tim teknis dan dokumen RKL- UPL tingkat komisi.

Dijelaskan, komisi ini adalah rapat tertinggi untuk pengambilan keputusan. “ Jadi pembahasan lebih banyak numpuk itu pada akhir Desember, karena itu terkait dengan kegiatan pemerintah,”tegasnya.
Siauta mengaku, ada salah satu dokumen yang ditolak pihaknya, yakni dokumen Amdal kegiaatan  pembangunan bandar udara John Baker di Kisar, kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Menurutnya, alasan penolakan tim teknis tersebut karena semua data yang digunakan dalam dokumen tersebut bukan data dari rona lingkungan yang ada di wilayah bandara tersebut, tetapi data yang digunakan berasal dari bandara yang lain.

“Jadi boleh dibilang data yang digunakan pada dokumen tersebut merupakan copy paste atau merupakan plagiat. Sehingga setelah tim teknis membaca dokumen tersebut, ditemukan datanya sama persis dengan data dari bandara lain. Akhirnya tim teknis meminta pertimbangan ahli dari Unpati, sehingga keputusannya dokumen tersebut harus dikembalikan untuk dilakukan perbaikan,”ujarnya.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes